Piala AFF

Jersey 10 Tim Piala AFF 2022, Apparel Asal Thailand Mendominasi!



NOBARTV NEWS – Jersey adalah sesuatu yang tak terpisahkan dari sebuah kesebelasan sepak bola. Bahkan, tak sedikit orang yang rela mengoleksi jersey karena berbagai alasan. Bisa karena jersey tersebut unik, bisa juga karena terdapat momen yang tak terlupakan ketika melihat jersey tersebut. Lalu, bagaimana dengan apparel jersey di 2022 ini? Apparel mana saja yang digunakan oleh 10 kontestan tersebut?

Dari segi komersial, berbagai apparel bersaing untuk mendapatkan promosi besar-besaran dari kesebelasan yang menggunakan jasanya. Lewat itu, mereka akan mendapatkan kesempatan untuk dikenali banyak orang. Maka jangan heran jika beberapa apparel ternama bersaing hanya untuk masuk sebagai sponsor dalam sebuah tim nasional yang memiliki banyak pengikut di dunia.

Sebagai contoh, Adidas meraup untung yang super besar setelah Argentina menjadi juara . Dikabarkan, seluruh jersey atas nama Messi berbagai ukuran di dunia sudah terpesan habis alias ludes.

Lalu, untuk Piala AFF 2022 ini, jersey asal mana saja yang masuk menjadi apparel tim nasional Indonesia dan lainnya? Berikut ulasannya!

1. Warrix (Thailand)

Warrix adalah sebuah perusahaan asal Thailand yang memproduksi berbagai macam peralatan olahraga. Tidak hanya jersey sepak bola, Warrix juga memproduksi alat olahraga seperti bola, peralatan pelatihan, dan lain sebagainya.

Di Piala AFF 2022 ini, Warrix menjadi sponsor resmi jersey Timnas Thailand dan Timnas Myanmar.

2. Grand Sport (Thailand)

Perusahaan yang memproduksi berbagai alat olahraga ini juga berbasis di Thailand. Didirikan pada tahun 1961, Grand Sport resmi menjadi official jersey dua tim nasional di Piala AFF 2022.

Timnas Vietnam dan Timnas Laos menggunakan jersey asal Thailand ini.

3. Nike (Amerika Serikat)

Nike adalah produsen berbagai macam jenis pakaian hingga alat-alat olahraga asal Amerika Serikat. Bisa dibilang, Nike adalah raksasa apparel dunia. Sejauh ini, Nike adalah pesaing Adidas dalam hal penjualan jersey.

Perusahaan yang berdiri di Beaverton, Oregon, Amerika Serikat ini memproduksi jersey untuk Timnas Malaysia dan Timnas Singapura di Piala AFF 2022.

4. Kelme (Spanyol)

Di Piala AFF 2022 ini, Kelme menjadi satu-satunya apparel asal Eropa yang turut menyemarakkan turnamen antar negara Asia Tenggara. Namun Kelme hanya digunakan oleh satu tim nasional yakni Filipina.

5. Mills (Indonesia)

Sejak tahun 2020 lalu, Indonesia menunjuk Mills sebagai apparel resmi mereka. Kebersamaan Mills dengan masih terjalin sampai sekarang dan berlanjut hingga Piala AFF 2022.

Mills merupakan apparel jersey pertandingan lokal pertama Timnas Indonesia. Dalam kurun waktu 20 tahunan, Timnas Indonesia selalu menggunakan jersey asal luar negeri.

6. Varaman (Kamboja)

Salah satu kontestan Piala AFF 2022 sekaligus pesaing Indonesia di grup A yakni Kamboja menggunakan jersey buatan dalam negeri sendiri. Diketahui, skuad asuhan Ryu Hirose itu mengenakan jersey bermerek Varaman asal Kamboja.

7. FABD (Brunei Darussalam)

Menariknya, Federasi Sepak Bola Brunei Darussalam memproduksi jersey sendiri untuk bertanding di Piala AFF 2022. Sudah jelas, dalam hal ini, mereka menggunakan jersey dalam negeri.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments