Timnas Indonesia

Kemenpora Akan Biayai TC Timnas U-17 Jelang Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS U-17 akan melakukan pemusatan latihan (TC) di luar negeri sebelum bergulirnya 2023. Dalam perjalanan skuad Garuda di luar negeri nanti, Kemenpora RI akan membiayai operasional mereka hingga kembali kembali ke tanah air.

Sebagaimana diketahui, berbagai upaya dilakukan oleh PSSI dan Kemenpora RI untuk menyiapkan diri sebelum skuad Timnas Indonesia U-17 berlaga di Piala Dunia U-17 2023. Sebab di even internasional tersebut, Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah untuk ajang ini tak lepas dari status tuan rumah sebelumnya. Ya, pada awalnya, Peru adalah tuan rumah untuk ajang sepakbola untuk kelompok umur ini. Akan tetapi, Peru dilanda krisis ekonomi dan bencana alam sehingga membuat mereka gagal mempersiapkan diri. Baik itu dari segi infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia (SDM), Peru gagal menyiapkannya.

Baca Juga:  Raport Pemain Abroad: Sandy – Justin Absen, Thom Haye dan Asnawi Bikin Assist

Hal tersebut membuat FIFA membatalkan status Peru dan memilih Indonesia. Indonesia diumumkan sebagai tuan rumah pada 23 Juni kemarin atau tak lebih dari enam bulan dari jadwal penyelenggaraan even tersebut yaitu pada tanggal 10 Nopember hingga 2 Desember mendatang. Akibatnya, dalam waktu yang amat mepet ini, PSSI dan Pemerintah RI yaitu Kemenpora RI dituntut untuk memberikan penampilan maksimal bagi skuad Garuda muda.

PSSI bakal bertugas untuk menyeleksi pemain di dalam dan luar negeri. PSSI juga bertugas untuk memberikan pelatih terbaik bagi punggawa skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17). Dan PSSI pula yang akan menemani proses pemusatan latihan yang akan dilakukan di dalam dan luar negeri.

Rencananya, PSSI akan menggelar pemusatan latihan bagi Timnas Indonesia U-17 di dalam dan luar negeri. Berdasarkan keterangan Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Arkhan Kaka dkk kemungkinan besar akan latihan di luar negeri antara di Qatar atau di Jerman.

Baca Juga:  Rapor Striker Indonesia yang Dibawa ke Laga kontra Irak dan Filipina, Siapa yang Terbaik?

Untuk biaya dan operasional semasa melakukan pemusatan latihan di dalam dan luar negeri tersebut, Kemenpora RI akan membiayai semuanya.

“Kalau TC (persiapan) dari cabang olahraga (manapun). Pasti dari Kemenpora memberikan seluruh cabang olahraga yang mengikuti perhelatan dunia,” kata Menpora RI Dito Ariotedjo.

“Itu dah pasti, itu sudah kewajiban kita,” lanjutnya menambahkan.

Selain menanggung biaya skuad Timnas Indonesia U-17 selama pemusatan latihan nanti, Kemenpora juga berperan dalam mengumpulkan data terkait pemain keturunan di luar negeri. Kemarin, Juru Bicara Kemenpora Hamdan Hamedan menyebut pihaknya sudah mengumpulkan data 30 pemain keturunan di luar negeri yang memiliki peluang untuk membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 2023. Tinggal PSSI memilih pemain mana yang ingin digunakannya – atau sekedar ingin dicoba kualitasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment