Timnas Indonesia

PSSI Pastikan Pelatih Timnas Putri dari Jepang, Dirtek dari Jerman

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Sesuai dengan apa yang sudah disampaikan sebelumnya, Erick Thohir kembali memaparkan langkah-langkah PSSI untuk membangun sepakbola Indonesia menjadi lebih maju lagi. Katanya, pelatih putri dipastikan berasal dari Jepang dan untuk jabatan Direktur Teknik PSSI akan diemban oleh sosok asal Jerman.

Seperti yang diketahui, pada Minggu pagi kemarin (28/05), telah dilangsungkan Kongres Biasa PSSI untuk pertama kalinya dalam era kepemimpinan Erick Thohir. Kongres Biasa PSSI sendiri akan rutin digelar setiap tahunnya. Dan pada Minggu kemarin merupakan edisi pertama untuk kepengurusan PSSI terpilih periode 2023-2027.

Dalam keterangan yang disampaikan oleh Erick Thohir, PSSI berkomitmen untuk melakukan langkah-langkah nyata untuk mendukung peningkatan kualitas sepakbola Indonesia. Sebelumnya, PSSI mengucurkan dana hingga 1,9 triliun rupiah untuk mentransformasi 22 stadion di Indonesia. Selain itu, kini, pihaknya akan kembali membuat kejutan dengan mendatangkan pelatih asing asal Jepang untuk Timnas Indonesia putri.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Kata Erick, prestasi Timnas Jepang putri di kancah internasional merupakan dasar PSSI ingin mendatangkan pelatih dari negara yang dijuluki Negeri Matahari Terbit.

“Kami sudah menandatangani kerjasama dengan Japan Football Association (JFA) untuk pendampingan wasit dan kepelatihan. Untuk timnas putri kita akan menggunakan pelatih Jepang yang selama ini negara itu punya tradisi bagus di sepakbola putri dunia karena pernah juara dunia,” kata Erick Thohir di hadapan peserta Kongres Biasa PSSI Minggu kemarin.

Sekadar diketahui, Timnas Jepang putri pernah menjadi juara pada Piala Dunia Wanita tahun 2011. Kala itu, even tersebut digelar di Jerman. Empat tahun pasca meraih gelar tersebut, di even yang sama mereka kembali mencapai babak final walaupun pada akhirnya hanya keluar sebagai runner-up saja.

Sementara itu, untuk level Asia, sepakbola Jepang (putri) pernah menjadi Piala Asia putri pada tahun 2014 dan 2018.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Adapun untuk bagian Direktur Teknik PSSI, Erick akan melakukan sebuah kerjasama dengan Federasi Sepakbola Jerman atau DFB. Lewat DFB, PSSI akan meminta saran terkait kriteria Dirtek PSSI yang diinginkannya.

“Selain Jepang, kami juga akan kerja sama dengan DFB (Asosiasi Sepakbola Jerman) untuk membantu menangani timnas muda kita. Apalagi seperti kita ketahui, di Bundesliga banyak pemain Asia yang jumlahnya mencapai 170 pemain. Meski saya belum menyebutkan nama, tapi saya pastikan Direktur Teknik PSSI nanti dari Jerman,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments