Timnas Indonesia

Garuda Muda Dipermalukan Prancis, Iwan Bule Kutip Kata-kata Filsuf Yunani Aristoteles



NOBARTV NEWS – Garuda muda baru saja melakoni laga uji coba perdananya di Spanyol. Laga bertajuk uji coba itu terlaksana berkat even Costa Calida Region de Murcia Football Week. Dalam laga perdana itu, skuad Garuda jumpa Timnas Prancis U-20. Dan tanpa disangka-sangka, di laga tersebut, Marselino Ferdinan dkk dibabat habis dengan skor akhir 6-0. Kekalahan telak itu membuat Ketum PSSI bersuara.

Kekalahan atas Prancis U-20 menjadi kekalahan kedua U-20 secara berturut-turut. Sebelumnya, di uji coba terakhir di Turki, Garuda muda tunduk di hadapan tim Saudi Pro League Al-Adalah FC. Al-Adalah merupakan tim kasta tertinggi Saudi. Bahkan, pemain yang diturunkan oleh pelatih lawan adalah tim senior. Di laga itu, Garuda muda tunduk dengan skor akhir 2-0.

Berlanjut ke Spanyol, Timnas Indonesia menantang tim kuat asal Eropa Prancis. Untuk diketahui, Timnas Prancis U-20 merupakan salah satu kontestan 2023 mewakili UEFA. Selain Prancis, ada Timnas Slovakia, Italia, Israel, dan Inggris. Kelima tim tersebut mewakili UEFA atau zona Eropa.

Di depan hadapan Timnas Prancis U-20, Marselino Ferdinan cs tak berdaya. Kualitas yang dimiliki oleh kedua tim sangat berbeda. Prancis U-20 yang mempunyai pemain kelas Eropa jelas menguasai jalannya pertandingan. Bahkan, di jeda babak pertama, Garuda muda tertinggal 3 gol.

Memasuki babak kedua, tidak ada yang menduga jika Indonesia ternyata dibobol dengan jumlah gol yang sama. Total, 6 gol bersarang ke gawang Timnas Indonesia. Kekalahan ini menjadi kekalahan terbesar sepanjang uji coba yang dilakukan Garuda muda di Eropa sampai saat ini. Di pertandingan berikutnya, Timnas Indonesia akan kembali melakoni laga uji coba. Masih bertajuk dalam even yang sama, Garuda muda dijadwalkan menantang Timnas Slovakia U-20.

Terkait kekalahan telak Indonesia semalam, Ketum PSSI Mochamad Iriawan memberikan komentarnya. Lewat unggahan di media sosial instagramnya, Iriawan menulis banyak pesan kepada skuad asuhan Shin Tae-yong itu. Tak lupa, dalam unggahan itu Iriawan memasukkan foto line up Garuda muda ketika berjumpa Prancis semalam.

“Tadi malam, Timnas Indonesia U-20 menelan kekalahan telak dari Timnas Prancis U-20 dengan skor 0 – 6,” tulis Iriawan dalam kalimat pembuka.

“Memang Garuda muda harus sering-sering merasakan hangatnya atmosfer permainan sepak bola Eropa. Supaya mental dan stamina mereka semakin terlatih sehingga kualitas permainannya akan semakin baik saat menghadapi kompetisi yang sebenarnya nanti,” lanjutnya.

Selanjutnya, Iriawan menuliskan kata-kata dari seorang filsuf Yunani Aristoteles. Ungkapan dari sang filsuf adalah tentang harapan dan juga impian.

“Ada kata bijak dari seorang Aristoteles, harapan adalah impian dari seseorang yang terbangun.”

“Terus nikmati prosesnya anak-anakku! Karena #KitaGaruda,” tutup pernyataan orang nomor satu di PSSI itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid