Timnas Indonesia

Gagal di SEA Games 2021, Nasib STY Aman Bersama Timnas Indonesia



Gagal di SEA Games 2021, Nasib STY Aman Bersama Timnas Indonesia
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Usai ditaklukkan Timnas Thailand U-23 di partai semifinal, banyak netizen menyuarakan agar PSSI segera mengganti Shin Tae-Yong sebagai pelatih . Menurut mereka, Shin Tae-Yong sudah tidak layak karena beberapa kali gagal membawa Timnas Indonesia keluar sebagai juara.

Dalam waktu yang sangat berdekatan, Timnas Indonesia gagal meraih gelar. Di tahun lalu, Timnas Indonesia gagal merengkuh gelar juara karena gagal di partai final menghadapi Timnas Thailand.

Kemarin, untuk kedua kalinya, Thailand juga menjadi penghalang Timnas Indonesia U-23 merengkuh gelar SEA Games 2021. Namun kali ini berbeda, Timnas Thailand membuat anak asuh Shin Tae-Yong itu terhenti di partai semifinal.

Kejeniusan pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking patut diacungi jempol. Ia berhasil mengalahkan Shin Tae-Yong untuk kedua kalinya dalam waktu berdekatan. Padahal, skuad yang digunakan Thailand ketika mengalahkan Timnas Indonesia di Piala AFF kemarin tidak semuanya digunakan untuk SEA Games 2021 ini. Hanya beberapa saja pemain yang diandalkan kembali. Tidak ada nama bintang J1 League, Chanathip Songkrasin.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Berbeda dengan Timnas Indonesia U-23, kebanyakan pemain yang dipakai di SEA Games kali ini adalah para pemain yang sukses membawa Timnas Indonesia ke partai final Piala AFF tahun lalu.

Sebut saja dari lini belakang ada Asnawi Mangkualam Bahar, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, dan Alfeandra Dewangga. Di lini tengah, Shin Tae-Yong masih menggunakan jasa Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto. Timnas Indonesia juga mendapat dua tambahan pemain muda yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh.

Di lini depan, selain mengandalkan Egy dan Witan, Shin Tae-Yong juga sukses mengamankan jasa Saddil Ramdani.

Jadi, tidak ada alasan untuk Shin Tae-Yong untuk tidak mendapat gelar pada SEA Games 2021 ini. Namun sayang, Timnas Indonesia sekali lagi gagal. Penantian 31 tahun lamanya untuk merengkuh gelar juara SEA Games belum juga didapatkan.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan turut mengomentari terkait banyaknya suporter Timnas Indonesia yang meminta Shin Tae-Yong untuk segera diganti. Namun, pria yang biasa disapa Iwan Bule itu memastikan Shin Tae-Yong tidak akan diganti selama kontraknya masih berlaku bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Kalau Shin Tae-Yong kan kontraknya empat tahun. Insyallah aman,” terang Iwan Bule.

Mochamad Iriawan menanggapi santai kegagalan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games kemarin. Sebab, menurutnya, SEA Games bukan prioritas utama untuk Shin Tae-Yong, melainkan ajang yang lebih bergengsi di tahun depan.

Tahun 2023 mendatang, Timnas Indonesia U-20 akan mengikuti ajang bergengsi yakni – yang di mana, Timnas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

Sebagai tuan rumah yang tidak mau dipermalukan di rumah sendiri, PSSI menjadikan ajang tersebut sebagai tempat pembuktian untuk Shin Tae-Yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Nasib serta masa depan pelatih asal Korea Selatan itu akan ditentukan usai event kelas dunia itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid