Timnas Indonesia

STY Khawatir Anak Asuhnya Cidera Sebab Main di Rumput Sintesis

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Untuk pertama kalinya di 2022 ini, akan bermain di rumput sintesis yang merupakan kandang milik Timnas Filipina. Hal itu membuat STY khawatir karena rumput tersebut berpotensi membuat skuad Garuda rentan mengalami cidera.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan memainkan laga ke-empatnya di fase grup Piala AFF 2022. Dijadwalkan, skuad Garuda akan bermain di kandang milik Timnas Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila. Laga itu akan dihelat pada malam hari ini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, permukaan stadion tersebut tidak menggunakan rumput alami melainkan rumput sintesis. Rumput sintesis akan membuat penggunanya lebih rentan untuk mengalami cidera. Karena pada dasarnya, rumput sintesis bukanlah rumput biasa pada umumnya. Hal itu (bermain di rumput sintesis) menjadi kekhawatiran sang pelatih Shin Tae-yong.

“Kami datang ke Filipina untuk laga terakhir di grup kami. Beda sekali ya [dengan] lapangan rumput,” ujar Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers, kemarin.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Untuk itu pemain kami harus fokus dan harus lebih hati-hati [khawatir] cedera. Ini harus ditegaskan ke pemain agar bisa mendapatkan hasil yang baik,” tambah eks pelatih Seongnam Ilhwa itu.

“Seperti apa yang dibicarakan tadi ya kami tidak boleh lengah melawan Filipina. Dalam setiap pertandingan, kami akan berikan yang terbaik, seperti di final,” kata pelatih 53 tahun itu.

STY menyebut Filipina merupakan tim yang baik. Secara pengalaman, Filipina jelas lebih unggul karena sudah terbiasa bermain di stadion dengan struktur rumput seperti itu.

“Filipina tim yang bagus saat di kandang, apalagi mereka sudah beradaptasi dengan rumput sintetis, kita harus -hati-hati dan bermain maksimal,” tutup Shin Tae-yong.

Berbeda dengan sang pelatih, kiper Timnas Indonesia Nadeo Argawinata justru tak ambil pusing. Ia tidak mau mempermasalahkan faktor rumput sebagai alasan tim-nya bermain kurang maksimal. Kiper milik Bali United itu menyebutnya (bermain di rumput sintesis) bukanlah masalah besar.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Kita siap ikuti taktik dan stratregi dari pelatih coach Shin. Kondisi pemain kita juga butuh adaptasi melihat lapangan pakai rumput sintetis tapi itu tidak jadi masalah besar. Untuk keseluruhan kita pasti siap,” buka kiper utama Timnas Indonesia ini.

“Kita pasti adaptasi dulu, tapi itu tidak ada masalah besar. Makanya kita latihan coba hari ini untuk membiasakan,” katanya menambahkan.

“Filipina kita tahu punya postur yang bagus, tinggi besar juga, apalagi main di lapangan ini. Mereka sangat paham juga. Saya prediksi mereka akan mengandalkan bola-bola di belakang kita dalam arti bola long ball,” tutupnya.

Untuk diketahui, laga melawan Filipina sangatlah penting bagi skuad Garuda. Karena sebagaimana diketahui, Filipina sudah tidak memiliki harapan untuk lolos ke fase berikutnya. Sementara Indonesia, hanya butuh hasil imbang atas tim berjuluk The Azkals itu untuk melaju ke babak semifinal.

Bermain di markas sendiri, Filipina jelas tak ingin dipermalukan dan menyerahkan kemenangan tersebut kepada skuad Garuda.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment