Timnas Indonesia

Piala Dunia U-20 Makin Dekat, PSSI Terbang ke Belanda Guna Rekrut 5 Pemain Keturunan

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – PSSI mengumumkan bahwa mereka akan mengirim tiga utusan ke Belanda guna merekrut 5 pemain keturunan yang belum memberikan kepastian terkait rencana naturalisasi oleh . Tiga utusan tersebut adalah Indra Sjafri (Sekjen PSSI), Hamdan Hamedan (Exco PSSI), dan Kim Jong-jin (Analisis sekaligus asisten Shin Tae-yong).

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong telah membuat 7 daftar pemain keturunan prioritas yang ingin dijadikan sebagai skuad Garuda muda. Tujuh pemain tersebut ditargetkan untuk berpindah kewarganegaraan demi membela Timnas Indonesia di 2023. Di event tersebut, Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah sehingga secara otomatis Marselino Ferdinan dkk lolos ke putaran final.

Dari tujuh nama yang dimintai STY, hanya dua pemain yang dikabarkan telah setuju untuk menjadi WNI. Keduanya adalah Ivan Jenner dan Justin Hubner. Selain itu – atau lima pemain lainnya belum memuat keputusan terkait nasib masa depan mereka.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

Ivan Jenner merupakan pemain muda kelahiran 10 Januari 2004 yang berposisi sebagai gelandang tengah. Saat ini, eks pemain Timnas Belanda U-15 ini membela tim muda FC Utrecht di Keuken Kampioen Divisie. Sedangkan Justin Hubner merupakan bek tengah yang saat ini membela tim muda Wolverhampton Wanderers U-21. Ia bermain di Premier League 2 atau Reserve .

Akan tetapi, halangan utama ketika utusan PSSI ingin menaturalisasi pemain adalah faktor orangtua. Seperti yang sudah diutarakan oleh anggota Exco PSSI lainnya Hasani Abdulgani dalam wawancaranya, banyak pemain keturunan ingin membela Timnas Indonesia namun kebanyakan dari mereka tidak mendapatkan restu dari orangtua. Atas dasar itulah, Hasani dalam channel YouTube Bung Binder sempat kecewa dan enggan mengurusi proses pemain naturalisasi lagi.

Atas dasar itu, PSSI mengutus tiga orang sekaligus. Salah dua di antaranya adalah tokoh penting di PSSI yaitu sang Exco dan Sekertaris Jenderal.

Baca Juga:  Intip Calon Lawan di 8 Besar, STY Bakal Nonton Langsung Laga Jepang vs Korea Selatan

“Nanti ya, Rabu (28/9/2022) coach Indra Sjafri dan ada staf khusus akan terbang ke Belanda jam 5 sore karena masih pendekatan, lima yang akan pendekatan, yakinkan keluarganya, termasuk kualiatasnya lebih baik, nanti kita tunggu,” papar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan kemarin.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment