Timnas Indonesia

Beda Nasib Wakil Asia Tenggara di Piala Asia U-20: Indonesia Dikepung Tim Timur Tengah, Vietnam Masuk Grup Neraka!



NOBARTV NEWS – Dari total 16 tim yang berlaga di Piala Asia U-20 2023, Asia Tenggara hanya mampu mengirim dua perwakilannya yakni dan Vietnam. Lucunya, dua tim ini saling sikat di Kualifikasi Piala Asia U-20 beberapa waktu lalu. Di babak drawing kemarin, Garuda Asia tergabung di grup A sedangkan The Young Golden Stars berada di grup neraka.

Untuk diketahui, di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia U-20 berada di grup F bersama Timnas Vietnam, Hongkong, dan Timor-Leste. Keempat tim tersebut melakoni babak kualifikasi di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Menariknya, untuk menentukan sang juara grup, pertandingan harus ditentukan hingga matchday terakhir. Saat itu, Garuda Asia baru mengemas 6 poin begitupun dengan Timnas Vietnam U-20. Keduanya sama-sama mengalahkan lawan-lawannya di matchday pertama dan kedua yaitu Timnas Hongkong dan Timor-Leste.

Di matchday terakhir, Garuda muda sempat tertinggal dari sang lawan Vietnam. Namun Marselino Ferdinan dkk sukses membalikkan keadaan sehingga skor akhir menjadi 3-2. Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 sebagai juara grup dan Vietnam menemaninya dengan status sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik.

Baca Juga:  4 Fakta Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan: Arhan Jumpa Rekan Setimnya di Suwon FC!

Di babak drawing yang dilakukan di Uzbekistan, kemarin, Timnas Indonesia yang berada di pot 2 akhirnya tergabung di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah. Anak asuh STY itu dikepung oleh tim-tim Timur-Tengah. Meski berada di grup yang cukup sulit, Timnas Indonesia optimis lolos ke fase berikutnya. Di edisi sebelumnya (Piala Asia U-20 2018), skuad Garuda muda lolos hingga babak delapan besar. Saat itu, Timnas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Sayang, di babak delapan besar, Garuda muda takluk atas Jepang U-20 2-0.

Sedangkan Vietnam, tim yang selalu menjadi musuh bebuyutan skuad Garuda muda ini tergabung di grup yang amat sulit. Bisa dibilang, anak asuh Dinh The Nam itu berada di grup neraka.

Untuk diketahui, Timnas Vietnam U-20 berada di grup B bersama tim-tim kuat seperti Timnas Iran U-20, Timnas Australia U-20, dan Timnas Iran U-20.

Baca Juga:  Indonesia vs Korea Selatan: Berikut Jadwal 8 Besar Piala Asia U23 2024!

Adalah hal luar biasa jika nantinya skuad The Young Golden Stars mampu lolos dari babak grup tersebut.

Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-20 Optimis dengan Garuda Muda di Piala Asia U-20 2023

Asisten STY di Timnas U-20 Nova Arianto menyambut positif hasil drawing Piala Asia U-20 2023.

“Yang pasti semua tim di Piala Asia U-20 2023 pastinya berkualitas baik, termasuk tuan rumah (Uzbekistan) yang bergabung dengan kita.”

Indra Sjafri Tantang STY Samai Rekornya di Piala Asia U-20 2018

Eks pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri menantang Shin Tae-yong untuk menyamai pencapaian yang ia raih bersama Garuda muda di Piala Asia U-20 2018. Di edisi tersebut, pelatih yang kini menjadi Direktur Teknik PSSI itu membawa Garuda muda lolos dari fase grup. Timnas Indonesia U-20 finis di posisi kedua grup A Piala Asia 2018. Sayang, langkah mereka terhenti di babak delapan besar atas tim kuat Jepang.

“Kita harus sama-sama yakin timnas bisa lolos grup, sama seperti pencapaian tim U-20 Indonesia pada tahun 2018 lalu,” ujar Indra Sjafri, kemarin.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment