Timnas Indonesia

Garuda Muda Gugur di Piala Asia U-20, Media Vietnam: Murid-murid STY Bermain Sangat Terpuji!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Perjuangan di Piala Asia U-20 2023 memang sudah berakhir. Namun mereka mendapatkan pujian dari banyak pihak – termasuk dari media asal Vietnam. Media tersebut menyebut permainan Garuda muda sangat terpuji.

Diketahui, dalam Piala Asia U-20 2023 ini, Timnas Indonesia tergabung dalam grup A bersama Timnas Uzbekistan U-20, Irak U-20, dan Suriah U-20. Seluruh laga dalam babak grup tersebut sudah selesai dilakukan. Hasilnya, Timnas Uzbekistan U-20 dan Timnas Irak U-20 lolos ke babak delapan besar setelah finis di peringkat satu dan dua klasemen akhir grup A.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-20 dan Timnas Suriah U-20 dipaksa pulang lebih cepat karena hanya mampu finis di posisi tiga dan empat.

Selama turnamen ini, skuad Garuda muda masing-masing meraih satu kali kemenangan, satu kali bermain imbang, dan satu kali menelan kekalahan. Anak asuh Shin Tae-yong itu sempat dipermalukan pada pertandingan perdana melawan Timnas Irak U-20. Saat itu, 10 pemain Irak U-20 memporak-porandakan skuad Garuda muda dengan skor akhir 2-0. Meski bermain dengan 10 pemain sejak injury time babak pertama, namun anak asuh Emad Mohamed itu berhasil menjungkalkan Garuda muda.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Beruntungnya, di pertandingan keduanya, Timnas Indonesia akhirnya meraih kemenangan. Kemenangan tersebut didapatkan atas Timnas Suriah U-20. Satu-satunya gol yang dicetak Hokky Caraka di babak pertama membuat skuad Garuda muda mendapatkan poin sempurna.

Namun sayangnya, di babak penentuan, Timnas Indonesia dipaksa seri oleh tuan rumah Uzbekistan U-20 dengan skor sama kuat 0-0. Berbekal dari satu kemenangan dan satu hasil imbang itu, Garuda muda akhirnya hanya mampu mengoleksi 4 poin saja. Sejatinya, poin yang dimilikinya itu sama dengan Timnas Irak U-20. Namun karena Irak unggul selisih gol atas Hokky Caraka dkk, maka mereka (Timnas Irak U-20) dianggap lebih layak dan resmi mengunci posisi kedua.

Meski Garuda muda gagal di even tersebut, namun mereka mendapatkan banyak pujian. Tak mudah bagi negara Asia Tenggara untuk melawan tim asal timur tengah. Namun Muhammad Ferrari dkk setidaknya mampu menahan sang lawan.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Salah satu pujian itu datang dari media asal Vietnam zingnews.vn. Zingnews menyebut permainan Garuda muda sangat terpuji.

“Murid-murid pelatih Shin Tae-yong bermain sangat terpuji. Setiap pemain bermain dengan disiplin dan menganut taktik,” tulis Zingnews.

“Karenanya, mereka mengamankan gawang dari serangan tanpa henti para pemain berbaju putih (timnas Irak),” tambah media tersebut.

“Jika kurang beruntung, gawang Indonesia U20 sudah kebobolan. Pada menit ke-82, pemain Uzbekistan itu menembak bola dan membentur punggung lawan, membawa bola ke mistar gawang kiper Sumawijaya (Daffa).”

“Bek timnas u-20 Indonesia itu dengan cepat melepaskan pengepungan tak lama kemudian,” tutup media itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments