Timnas Indonesia

Marselino Ferdinan Tak Dipanggil di FIFA Matchday, Begini Kata Asisten STY



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong tak memasukkan nama Marselino Ferdinan dalam daftar pemain yang diminta untuk mengikuti FIFA Matchday Maret ini. Keputusan Shin itu membuat Nova Arianto angkat bicara.

Sebagaimana diketahui, di waktu dekat ini, akan memainkan laga FIFA Matchday melawan Timnas Burundi. Tim asal Afrika itu dipilih setelah PSSI gagal melakukan negosiasi dengan Timnas Bolivia dan Timnas Tajikistan.

Tim asal Amerika Selatan Bolivia memutuskan untuk tidak melanjutkan negosiasi dengan PSSI karena mereka mendapatkan tawaran lainnya dari Federasi Sepak Bola Arab Saudi. Dilansir dari laman transfermarkt, Bolivia dan Arab Saudi dipastikan akan berjumpa di FIFA Matchday bulan ini.

Adapun Tajikistan, tim asal Asia itu memutuskan untuk melawan Timnas Uni Emirat Arab (UEA) dan Kuwait di FIFA Matchday kali ini. Oleh sebab itu, setelah melakukan berbagai penjajakan dengan beberapa federasi, PSSI dan Federasi Sepak Bola Burundi akhirnya menemukan kata sepakat.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Laga antara Timnas Indonesia versus Burundi akan dilangsungkan sebanyak dua kali di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi. Laga itu akan digelar pada tanggal 25 dan 28 Maret 2023.

Shin Tae-yong sendiri telah memanggil 28 pemain untuk ajang tersebut. Dan seperti biasa, Shin masih memercayakan banyak pemain abroadnya. Seperti Asnawi Mangkualam Bahar hingga Pratama Arhan.

Akan tetapi, dari sekian pemain abroad tersebut, STY tidak memasukkan nama Sandy Walsh dan Marselino Ferdinan. Sandy dipastikan tak bisa dibawa karena pemain yang bersangkutan sedang dilanda cidera. Sementara itu, Marselino Ferdinan selaku gelandang serang KMSK Deinze tak bisa dibawa meski sang pemain dalam kondisi sehat.

Tidak dipanggilnya eks pemain Persebaya Surabaya itu menimbulkan pertanyaan. Apalagi jika kita melihat rekam jejak sang pemain. Sejak tahun lalu, Marselino selalu menjadi andalan Shin Tae-yong di berbagai kelompok umur. Dari U-19, Kualifikasi Piala Asia U-20, Kualifikasi Piala Asia, hingga Piala AFF 2022 kemarin, Marselino selalu dibawa.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Atas hal itu, keputusan Shin yang tak memanggil Marselino pun jadi tanda tanya. Asisten Shin Tae-yong pun angkat bicara. Ia menjelaskan jika PSSI sudah pernah berkomunikasi dengan klub Marselino KMSK Deinze. Hanya saja, Deinze baru bisa melepas pemainnya itu di tanggal 9 April 2023.

Tak lain karena pada bulan Mei mendatang, Marselino akan meninggalkan klub tersebut dalam jangka waktu lama untuk mengikuti 2023. Oleh sebab itu, KMSK Deinze meminta untuk menahan pemainnya lebih lama lagi.

“Kita sudah melakukan komunikasi dengan klub Marselino. Dia akan difokuskan untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023 dan akan bergabung dengan Timnas Indonesia U-20 yang direncanakan di tanggal 9 April,” kata Nova Arianto Rabu, 15 Maret kemarin.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment