Timnas Indonesia

Bima Sakti Pastikan 6 Pemain Keturunan Bakal Gabung TC Timnas U-17



NOBARTV NEWS U-17 sudah memulai pemusatan latihan perdananya pada hari ini. Dalam pemusatan latihan tahap pertama itu, Bima memastikan enam pemain keturunan akan ikut bergabung.

Sebagaimana diketahui, pada Senin 10 Juli ini, Bima Sakti telah memulai persiapannya jelang berlaga di even internasional bertajuk 2023. Di even akbar tersebut, Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.

Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah diumumkan FIFA pada Jumat 23 Juni kemarin. Saat itu, Indonesia diminta sebagai tuan rumah menggantikan posisi Peru. Awalnya, Peru diminta FIFA sebagai tuan rumah untuk even tersebut. Tapi sayangnya, negara asal Amerika Latin itu mengalami beberapa masalah di dalam negeri. Pertama, mereka mengalami krisis ekonomi dan kedua dilanda bencana alam. Akibatnya, Peru pun batal sebagai tuan rumah dan FIFA meminta Indonesia sebagai penggantinya.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Dengan bertindak sebagai tuan rumah, PSSI dan Pemerintah RI tentunya ingin memberikan suguhan yang membanggakan. Tak hanya sukses menjadi tuan rumah saja, skuad Timnas Indonesia U-17 yang tampil juga harus memberikan penampilan memukau. Pasalnya, akan sangat memalukan jika nantinya skuad Garuda Asia yang di mana mereka jadi tuan rumah namun juga menjadi bulan-bulanan lawan-lawannya.

Oleh karena itu, sejak beberapa waktu lalu, PSSI dan Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) melakukan kerjasama untuk menggaet beberapa pemain keturunan di luar negeri. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Menpora RI Dito Ariotedjo sudah menyerahkan 30 nama pemain keturunan ke PSSI. Nantinya, ke-30 nama tersebut akan dipilih mana saja yang cocok dan memiliki peluang untuk membela Timnas Indonesia U-17. Jika ada yang cocok, maka mereka akan diminta untuk mengikuti pemusatan latihan. Tapi jika tidak, sudah tentu PSSI dan staf pelatih Timnas Indonesia U-17 tidak akan meliriknya.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Dan pada hari ini, TC tahap awal untuk Timnas Indonesia U-17 sudah resmi digelar. Sebanyak 34 pemain Garuda Asia disiapkan oleh Bima Sakti. Menariknya, dari 34 pemain tersebut, enam di antaranya merupakan pemain diaspora (keturunan). Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh sang pelatih Bima Sakti.

“TC besok (hari ini) ada beberapa pemain yang dari Diaspora datang. Ada sekitar enam pemain ya,” kata Bima Sakti Minggu kemarin.

“Ada beberapa pemain Diaspora yang tidak bisa hadir karena jarak tempuh ya. Jadi mereka juga butuh waktu juga karena mayoritas dari Eropa,” tambah pelatih yang membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai U-16 2022 itu.

“Nah yang enam pemain ini juga akan datang di tanggal 11 atau 12 Juli 2023,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment