Timnas Indonesia

Bukan Piala Asia, STY Ungkap Target Terakhirnya bersama Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong memiliki target terakhirnya selama berada dan membesut .

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong – meskipun belum pernah menorehkan gelar bersama skuad Garuda, namun pelatih asal Korea Selatan itu tercatat sebagai salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia.

Ya, walaupun Shin berulangkali gagal menjuarai turnamen untuk berbagai kelompok umur, akan tetapi eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu mampu menyulap permainan skuad Garuda dengan sangat struktur. Dari fisik yang biasanya cuma bertahan sampai 60 menit, kini sudah berganti menjadi stamina yang mampu bertahan baik hingga pertandingan berakhir. Dari permainan monoton sampai permainan yang menarik untuk disaksikan. Dari permainan yang cuma terpaku pada level Asia Tenggara kini cukup diperhitungkan di tanah Asia. Semua itu tak lepas dari kinerja serta kreativitas yang dimilikinya.

Walaupun demikian, tak bisa dipungkiri memang kalau dirinya sejak didatangkan sampai hari ini masih belum bisa mempersembahkan trofi. Shin gagal di dua edisi (2020 dan 2022), SEA Games 2021, Piala Asia U-20 2023, Piala AFF U-19 2022, dan paling baru adalah Piala AFF U-23 2023.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Namun hal yang perlu digarisbawahi adalah Shin merupakan satu-satunya orang yang berhasil membawa tiga kelompok umur Timnas Indonesia untuk tampil di kasta tertinggi di benua Asia. Shin berhasil membawa Marc Klok dkk mentas di Piala Asia 2023 setelah absen selama belasan tahun. Tak hanya itu saja, Shin baru-baru ini juga sukses memastikan satu tempat bagi Timnas Indonesia U-23 untuk tampil di untuk pertama kalinya. Shin juga pada awal tahun ini telah membesut Timnas Indonesia U-20 di ajang Piala Asia U-20 di Uzbekistan.

Oleh karena itu, terlepas dari hasil negatif selama even-even yang pernah dipegangnya, nama STY tetap dikenang sebagai sosok pelatih hebat yang pernah dimiliki Indonesia. Namun menariknya, berdasarkan pengakuan sang pelatih sendiri, Piala Asia 2023 yang digadang-gadang sebagai even terbaik yang diikuti Indonesia bukanlah sebuah target bagi dirinya sendiri. Sebab kata Shin, ia memiliki target terakhir yang ingin ia capai bersama skuad Garuda.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Katanya, tujuan (target) terakhirnya bersama Timnas Indonesia adalah membawa negara tersebut untuk tampil di ajang sekelas Piala Dunia.

“Sepak bola selalu seperti itu. Tidak bisa instan. Tidak bisa secepat itu. Harus step by step,” kata Shin Tae-yong dalam sebuah wawancara bersama pengamat sepakbola tanah air.

Lebih lanjut, kata sang pelatih lagi, ia mementingkan yang namanya sebuah ‘proses.' Sebab dengan proses tersebut, maka tujuan yang ingin dicapai akan lebih mudah untuk digapai.

“Makanya ada proses, makanya saya akan satu persatu. Tujuan terakhirnya kita lolos ke Piala Dunia,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid