Timnas Indonesia

Lama Tak Jadi Pelatih, Indra Sjafri: Rasanya Biasa Saja!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Lama tak melatih tim nasional, Indra Sjafri merasa tak masalah ketika dirinya ditunjuk lagi menjadi arsitek untuk skuad Garuda di SEA Games 2023. Ia menyebut rasanya biasa saja.

Sebagaimana diketahui, Indra akhirnya kembali melatih . Ia ditugaskan PSSI untuk mengasuh skuad Timnas Indonesia di SEA Games 2023 di Kamboja.

Terpilihnya Direktur Teknik PSSI itu tak lepas dari jadwal padat Shin Tae-yong. Sebab diketahui, Shin merupakan pelatih untuk tiga kelompok umur. Pria berkebangsaan Korea Selatan itu menjadi pelatih untuk tim senior, U-23, dan U-20. Namun di tahun ini, jadwal SEA Games tersebut hampir bertabrakan dengan jadwal 2023. Shin tak mungkin untuk mempersiapkan dua tim dalam waktu yang berdekatan. Sehingga PSSI mengambil jalan tengah, yakni menunjuk pelatih sementara khusus untuk even tersebut saja.

Penunjukkan Indra pun sempat menjadi polemik kecil. Sebab Indra sudah lama tak menjadi pelatih kepala. Terakhir, sekitar tiga tahun yang lalu mantan pelatih Timnas U-19 ini menangani sebuah tim. Yaitu ketika Timnas Indonesia tampil di SEA Games 2019 di Filipina. Khalayak sepak bola Indonesia bahkan tak menduga jika Indra akan dipilih. Sebab lebih banyak orang yang menjagokan nama Nova Arianto yang di mana ia merupakan asisten Shin Tae-yong. Adapula yang berharap Bima Sakti yang juga berstatus sebagai pelatih untuk Timnas U-16 saat ini.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Namun lewat rapat Ketum dan Exco PSSI bulan lalu, nama Indra resmi dipilih dan disetujui oleh mereka.

Terkait pemilihan dirinya itu, Indra mengaku biasa saja. Ia merasa sentuhannya sebagai pelatih tak hilang. Sebab pada dasarnya, ia memang seorang pelatih. Bukan berarti karena sudah menjabat sebagai Direktur Teknik selama tiga tahun ini membuat kemampuannya sebagai pelatih hilang begitu saja.

“Rasanya biasa saja, kan memang pekerjaan saya. (Soal sentuhan hilang atau tidak), coba lihat nanti, apakah hilang atau tidak sentuhannya,” kata Indra Sjafri.

Namun, Indra sampai detik ini belum mau bergerak – dan membahas target Timnas Indonesia. Sebab ia masih menunggu Kongres Luar Biasa PSSI rampung dulu. Setelah itu, ia baru bergerak dan membuat road map terkait apa saja yang akan ia lakukan sebagai pelatih.

“Soal target nanti. Itu setelah tanggal 16 Februari (KLB PSSI) baru saya petakan. Pertama tentu dengan coach Shin, bagaimana pun ini pemain kita atur alurnya termasuk nanti juga kita harus bicara dulu dengan pelatih-pelatih klub,” tuturnya menambahkan.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Meski demikian, jika melihat prestasi terakhir Indra di SEA Games sebelumnya (2019) yakni runner-up, maka bisa dipastikan di tahun ini Indra bakal mengincar posisi pertama alias keluar sebagai juara.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments