Timnas Indonesia

STY Temui Klub Elkan Baggott, Rayu Agar Sang Pemain Bisa Tampil di Piala AFF 2022



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong tidak main-main dengan 2022. Meski tidak termasuk dalam even bergengsi – karena tidak masuk dalam kalender FIFA, namun STY tetap membawa skuad terbaiknya dalam kontes sepak bola dua tahunan itu. Bahkan, STY rela menjemput para pemain abroad ke klubnya agar mereka diberikan izin untuk memperkuat .

Diketahui, Piala AFF 2022 akan berlangsung tidak kurang dari satu bulan lagi. Sejauh ini, PSSI telah mengumumkan 28 pemain guna mengikuti pemusatan latihan di Bali. Direncanakan, TC Timnas Indonesia akan dimulai sesampainya Shin ke Indonesia. Saat ini, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu masih berada di Eropa. Ia tengah membersamai skuad Garuda muda untuk TC selama kurun waktu kurang lebih satu bulan ini.

Bahkan, TC Garuda muda yang sebelumnya direncanakan akan selesai pada Desember terpaksa dipercepat agar STY bisa fokus menangani skuad senior. Dan menariknya, di dalam 28 nama yang diikutsertakan Shin, terdapat beberapa nama baru, adapula pemain muda, serta nama yang dulu pernah dipercaya dan kini kembali mendapatkan kesempatan.

Dua nama baru adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat. Setelah resmi menjadi WNI sejak satu minggu yang lalu, Sandy dan Jordi langsung dimasukkan ke dalam skuad Timnas Indonesia. Bukan hanya dia saja, STY kembali mempromosikan satu pemain Garuda muda yakni Dzaky Asraf. Dzaky sebelumnya hanya bermain untuk Timnas U-20. Beberapa pemain yang sempat memperkuat Timnas Indonesia juga kembali dipanggil seperti Hansamu Yama Pranata hingga Andy Setyo.

Selain itu, STY juga masih menaruh harapan besar kepada para pemain abroad. Seluruh pemain abroad masuk dalam daftar pemain yang akan dibawa Shin. Sebut saja seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam Bahar, Pratama Arhan, Saddil Ramdani, hingga Elkan Baggott.

Seluruh pemain abroad yang disebutkan di atas hampir pasti bisa membela Timnas Indonesia. Khusus untuk nama terakhir yakni Elkan Baggott, bek tengah Gillingham FC itu kemungkinan besar absen karena berbagai sebab.

Pertama, Elkan merupakan pemain inti di timnya saat ini. Ia selalu dan masih dibutuhkan oleh klubnya karena sebagaimana diketahui, The Gills tengah terseok-seok di dasar klasemen.

Kedua, jadwal padat menanti Elkan Baggott bersama Gillingham FC bersamaan dengan dihelatnya Piala AFF 2022. Di bulan Desember hingga Januari, Elkan akan disibukkan dengan agendanya bersama Gillingham pada ajang League Two hingga Piala Liga.

Dan terakhir, AFF bukanlah ajang resmi FIFA sehingga kecil kemungkinannya Neil Harris selaku pelatih memberikannya izin untuk meninggalkan klub.

Akan tetapi, meski Shin dan PSSI tahu bahwa Baggott memiliki jadwal padat bersama klubnya, namun PSSI tetap berharap agar pemain andalannya itu turut membersamai skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Bahkan, STY dikabarkan akan terbang ke Inggris untuk melobi klub Elkan. Sudah jelas, maksud kedatangan STY adalah agar Elkan bisa diberikan kesempatan untuk bermain bersama Timnas Indonesia meski ia memiliki jadwal padat bersama klubnya.

“Hari ini STY berangkat ke klubnya si Elkan Baggott mengadakan pendekatan kepada klub Ipswich [Gillingham], supaya Elkan Baggott mengatur jadwal mana tahu Elkan bisa dilepas,” jelas Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, kemarin.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

7 Comments