Timnas Indonesia

Shin Tae-yong soal Proses Naturalisasi Jay Idzes: Setahu Saya Lancar!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pelatih Shin Tae-yong memaparkan progres naturalisasi pemain Venezia Jay Idzes. Kata Shin, progres naturalisasi pemain dengan posisi bek tengah itu berjalan lancar.

Seperti yang diketahui, saat ini, skuad Garuda sedang melakukan persiapan di ajang 2026 zona Asia. Melaju lewat ronde pertama, anak asuh Shin Tae-yong itu memulai persiapannya melawan Timnas Brunei Darussalam dalam dua pertandingan atau dua leg.

Leg pertama akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta pada 12 Oktober mendatang. Adapun leg kedua akan dihelat di markas Brunei yakni di Stadion Hasanal Bolkiah pada 17 Oktober 2023.

Seperti biasanya, untuk laga ini, Shin Tae-yong masih memercayakan banyak pemain naturalisasinya. Sandy Walsh, Shayne Pattynama, hingga Rafael Struick masuk dalam skuad Garuda. Hanya dua pemain naturalisasi yang tak dibawa Shin Tae-yong. Itu pun dua pemain tersebut sedang dilanda cedera sehingga tidak memungkinkan untuk dibawa oleh pelatih asal Korea Selatan itu. Dua pemain yang dimaksud adalah Ivar Jenner dan Jordi Amat.

Nama Ivar Jenner sedari awal tidak masuk ke dalam daftar pemain yang dipanggil. Namun untuk Jordi, bek tengah Johor Darul Takzim itu sempat masuk ke dalam daftar 25 pemain yang dipanggil. Namun karena dirinya terkonfirmasi mengalami cedera, Jordi terpaksa dicoret lalu digantikan oleh bek lokal Fachruddin Aryanto.

Kepercayaan Shin kepada para pemain naturalisasi memang sangat kental. Sampai-sampai, seperti yang disebutkan tadi, seluruh pemain keturunan tersebut pasti mendapat panggilan setiap kali skuad Garuda bertanding. Bahkan, saat ini saja PSSI sedang melakukan proses naturalisasi terhadap satu pemain keturunan yakni Jay Idzes.

Diketahui, pemain yang berposisi sebagai bek di klub Serie-B Venezia itu direkomendasikan oleh Shin Tae-yong kepada PSSI untuk segera dinaturalisasi. Kabar baiknya, Jay bersedia untuk memperkuat negara kelahiran nenek moyangnya itu. Kabar baiknya lagi, di sela pemusatan latihan Timnas Indonesia Senin kemarin (9/10), Shin menjelaskan proses naturalisasi sang pemain. Kata Shin, progres naturalisasi pemain 23 tahun itu berjalan cukup lancar.

“Setahu saya lancar untuk naturalisasi pemain tersebut,” kata Shin Tae-yong di Lapangan A Senayan, Jakarta Pusat, Senin kemarin.

Namun lebih lanjut, kata Shin lagi, terkait sampai mana proses naturalisasi tersebut, ia belum tahu pasti. Tapi yang jelas semuanya lancar sesuai dengan prosedur dan tahapan dalam prosesnya.

“Jujur masalah administrasi belum tahu. Akan bertemu dulu dengan pak Ketum. Setelah itu akan saya umumkan,” ujarnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid