Timnas Indonesia

Media Cina Cemas dengan Kemajuan Sepakbola Indonesia: Cina Harus Perhatikan Indonesia, Bukan Hanya Vietnam!



Media Cina Cemas dengan Kemajuan Sepakbola Indonesia: Cina Harus Perhatikan Indonesia, Bukan Hanya Vietnam!
Skuad tengah berlatih di stadion Gelora Bandung Lautan Api sebagai venue melawan Timnas Curacao dalam ajang FIFA Matchday

NOBARTV NEWS – Timnas Indonesia tengah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dari kelompok umur hingga tim senior, Timnas Indonesia menorehkan prestasi yang cukup menggembirakan. Dimulai dari Garuda Asia yang sukses menjuarai U-16, kemudian lolosnya tim senior ke Piala Asia 2023, dan terbaru – Timnas Indonesia U-20 pastikan diri melaju ke putaran final Piala Asia U-20 di Uzbekistan tahun depan. Perkembangan pesat ini menjadi sorotan media asal Cina, Sohu.

Di benua Asia, Indonesia mungkin tidak terlalu diperhitungkan karena masih kalah jauh dari tim raksasa seperti Australia, Jepang, Iran, hingga Korea Selatan. Namun di level Asia Tenggara, Indonesia tengah mengalami perkembangan yang cukup siginifikan. Maka bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti Indonesia menjadi tim terbaik di sub-konfederasi AFF ini.

Saat ini, boleh dibilang Thailand dan Vietnam merupakan dua tim terbaik di Asia Tenggara. Namun seiring berjalannya waktu, Shin Tae-yong berusaha untuk setidaknya mengimbangi dua kekuatan itu.

Media asal China Sohu menyadari kemajuan Timnas Indonesia. Media tersebut menyebut kekuatan sepak bola Asia Tenggara bukan hanya Vietnam, namun banyak pihak seharusnya sudah mulai memperhitungkan keberadaan Timnas Indonesia.

“Dalam waktu dekat, Cina benar-benar harus memperhatikan sepak bola Indonesia, bukan hanya Vietnam,” tulis Sohu dilansir dari media asal Vietnam The Thao 247.

“Beberapa waktu lalu, tim U-16 Indonesia juga sukses mengalahkan Vietnam di final Piala AFF 2022. Oleh karena itu, jelas Vietnam menemukan lawan lain yang sulit di kawasan ASEAN. Sepak bola Asia Tenggara selalu memiliki 1-2 tim kuda hitam perkasa di turnamen kontinental. Dulu ada Thailand, sekarang Vietnam, dan kemungkina besar di masa depan giliran Indonesia yang menjadi negara adidaya di kawasan Asia Tenggara,” tutup Sohu.

Untuk diketahui, di tahun ini, Timnas Indonesia dan Vietnam telah bertemu sebanyak empat kali dalam empat event berbeda. Pertemuan tersebut mencakup berbagai kelompok umur.

Pertama, Timnas Indonesia U-23 bertemu Vietnam pada ajang SEA Games 2021. Saat itu, Marc Klok dkk dipecundangi dengan skor telak 3-0.

Namun berselang beberapa bulan kemudian, di pertemuan lainnya yakni Piala AFF U-19 2022 kedua tim kembali dipertemukan. Saat itu, Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam bermain sama kuat 0-0.

Pertemuan ketiga kembali terjadi pada event Piala AFF U-16. Skuad Garuda Asia yang saat itu ditangani Bima Sakti sukses mempermalukan skuad muda Vietnam di partai final dengan skor tipis 1-0. Bukan di partai final saja, di fase grup Piala AFF U-16 tersebut, kedua tim sempat bertemu dan hasil akhir menjadikan Indonesia menang dengan skor tipis 2-1.

Kemenangan Indonesia atas Vietnam kembali berlanjut ketika Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Tergabung di grup F bersama Timnas Vietnam, Hokky Caraka dkk sukses mempermalukan skuad Dinh The Nam dengan hasil dramatis 3-2.

Kemenangan tiga kali berturut-turut di dua level Timnas berbeda menjadi bukti bahwa Indonesia sudah mulai bangkit dan menjadi tim yang harus diperhitungkan. Tinggal apakah federasi (PSSI) bisa menjaga mereka hingga usia emasnya kelak.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid