Timnas Indonesia

Kedatangan 8 Pemain Baru, Timnas Indonesia Siap Gilas Timor Leste



marselino ferdinand
Marselino Ferdinand Salah Seorang Pemain Persebaya yang di Panggil STY

NOBARTV NEWS lebih diuntungkan dan berada di atas kertas ketika melakoni FIFA Matchday menghadapi Timor Leste. Pertandingan yang akan dilakoni di stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali itu akan berlangung pada 27 dan 30 Januari mendatang. Pertandingan ini adalah satu dari sekian persiapan Timnas Indonesia sebelum mengikuti U-23 nanti.

Kehilangan beberapa pemain penting yang sempat berlaga di Piala AFF 2020 lalu, Indonesia diyakini tidak akan mengalami kesulitan berarti ketika menjamu Timor Leste. Duo pemain Indonesia yang bermain di , FC Senica yakni Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman dipastikan absen pada ini. Meskipun begitu, pelatih Shin Tae-Yong tidak ambil pusing sehingga ia memanggil 8 pemain baru yang semuanya berasal dari liga lokal Indonesia.

Bukan tanpa alasan, ke-delapan pemain ini sempat disaksikan secara langsung oleh Shin Tae-Yong ketika Liga 1 2021 – 2022 berlangsung di Bali. Shin Tae-Yong takjub dengan penampilan mereka sehingga dengan dasar itulah ke-delapan pemain tersebut menarik perhatian pelatih asal Korea Selatan tersebut. Dikutip dari okezone.com, “Jadi pemain-pemain yang baru memang hasil saya memantau di Liga 1. Memang kelihatannya (menurut saya) ada kelebihan. Apakah pemain-pemain baru ini bisa melakukan seperti yang diinginkan saya, nanti bisa dijawab di pertandingan, dan pemain-pemain muda ini memang dipersiapkan untuk Piala AFF U-23 juga,” pungkasnya dalam keterangan pers.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Kedelapan pemain tersebut yakni Muhammad Adi Satryo (kiper Persik Kediri), Achmad Figo (fullback kanan Arema FC), Bayu Fiqri (fullback kanan Persib Bandung), Terens Puhiri (winger Borneo FC), Sani Rizki (Gelandang Bhayangkara FC), Marselino Ferdinand (Gelandang Perebaya Surabaya), Ronaldo Kwateh (penyerang Madura United), dan terakhir ada nama Muhammad Rafli (penyerang Arema FC).

Nama-nama tersebut bervariasi untuk semua posisi dari penjaga gawang hingga penyerang. Shin Tae-Yong dalam pemanggilan kedelapan pemain tersebut sepertinya sedang melakukan eksprimen guna mempersiapkan komposisi terbaik untuk pagelaran Piala AFF U-23 Pebruari nanti.

Pertemuan kedua negara tetangga ini masih mengunggulkan Timnas Indonesia. Diisi oleh banyak pemain bintang, Indonesia beberapa kali melumat negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia ini. Berdasarkan rangking FIFA per 23 Januari 2022, Indonesia berada di peringkat 164 dengan poin 992 sedangkan Timor Leste terpaut jauh di posisi 188 dengan poin 903. Tetapi, skuad asuhan Shin Tae-Yong tidak boleh meremehkan lawannya. Mereka harus tampil maksimal agar persiapan ini berguna demi pagelaran piala AFF U-23 sehingga Indonesia mampu mempertahankan gelarnya.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Untuk diketahui, kedua negara ini pernah bertemu sebanyak empat kali. Skuad Garuda lebih mendominasi dibanding tim berjuluk The Rising Sun terebut. Dari empat laga tersebut, Indonesia sukses mengemas 14 gol dan hanya kemasukan satu gol. Pertandingan yang paling fenomenal adalah pertemuan pertama pada tahun 2010 – di mana Indonesia pesta gol ke gawang Timor Leste. Skor yang berakhir 6 – 0 itu juga diraih Indonesia ketika persiapan Piala AFF 2010 yang diselenggarakan di Indonesia.

Sedangkan pertemuan terakhirnya yakni terjadi pada 13 November 2018 dengan kemenangan Indonesia 3 – 1. Mampukah Indonesia memetik hasil maksimal kembali? Menarik untuk ditunggu racikan terbaru Shin Tae-Yong dan juga menanti 8 pemain baru yang sejak beberapa hari yang lalu sudah menjalani pemusatan latihan di Bali.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid