Timnas Indonesia

Grup A Piala AFF 2022: Thailand & Kamboja Tancap Gas, Indonesia Tanpa Uji Coba Sama Sekali!



NOBARTV NEWS 2022 akan dihelat tidak lama lagi. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh tim-tim yang akan berlaga. Dua pesaing yakni Timnas Thailand dan Kamboja bahkan telah memiliki jadwal uji coba sebelum even tersebut dilangsungkan. Lucunya, di saat Timnas Indonesia menargetkan dirinya menjadi juara, namun pada kenyataannya mereka tidak memiliki agenda uji coba sama sekali.

Diketahui, Timnas Indonesia tergabung di grup A Piala AFF 2022 bersama Timnas Thailand, Kamboja, Filipina, dan salah satu pemenang play off antara Timor-Leste dan Brunei Darussalam.

Dua pesaing Indonesia yakni Thailand dan Kamboja telah memiliki agenda uji coba masing-masing. Bahkan, tim yang dijuluki Gajah Perang (Timnas Thailand) itu telah memanggil 75 pemain guna mengikuti seleksi awal pemusatan latihan jelang Piala AFF 2022. Selain itu, mereka dijadwalkan akan beruji coba melawan Timnas Myanmar pada 11 Desember 2022.

Timnas Kamboja juga telah mempersiapkan keikutsertaan di Piala AFF 2022 dengan melakukan uji coba melawan Timnas Malaysia. Laga antara Kamboja Vs Malaysia akan dilangsungkan pada 9 Desember mendatang.

Persiapan yang dilakukan oleh kedua tim tersebut sangat berbanding terbalik dengan Timnas Indonesia. Bahkan, skuad asuhan Shin Tae-yong ini baru akan mengikuti pemusatan latihan ketika para pesaingnya sudah tancap gas sejak awal. Direncanakan, Marc Anthony Klok dkk akan mengikuti pemusatan latihan di Bali. Hal itu disampaikan oleh Sekjen PSSI Yunus Nusi beberapa waktu lalu.

“Iya, rencananya dalam rangka persiapan AFF akan di Bali TC-nya. Rencana Shin Tae-yong 28 November, mohon maaf kalau salah,” terang Yunus Nusi.

Mirisnya, pemusatan latihan ini tidak akan dipimpin langsung oleh STY karena sang pelatih masih membersamai Timnas Indonesia U-20 dalam TC di Eropa. Padahal, kehadiran Shin sangat dibutuhkan di saat-saat seperti ini.

“Bisa jadi beliau (Shin Tae-yong) masih fokus di sana (Turki), nanti akan diatur dirtek (Direktur Teknik, Indra Sjafri) sementara sedang menyusun roadmap,” jelas Yunus Nusi lagi.

Terkait siapa yang akan menjadi penggantinya, Yunus Nusi belum mengetahui pasti. Keputusan siapa yang akan menggantikan STY nanti ada di tangan STY sendiri setelah berkoordinasi dengan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

“Belum tahu siapa penggantinya, Indra Sjafri yang akan mengatur. Nanti diumumkan kalau sudah ada keputusan koordinasi Shin Tae-yong dan Indra Sjafri,” tutupnya.

Adapun Piala AFF 2022 akan dilangsungkan sejak 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Di edisi sebelumnya, skuad asuhan Shin Tae-yong itu finis sebagai runner-up setelah takluk dari Timnas Thailand di partai final.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid