Timnas Indonesia

Dipilih sebagai Pelatih di SEA Games 2023, Indra Sjafri Akan Bergerak Usai KLB PSSI



NOBARTV NEWS – Indra Sjafri sudah dipastikan akan menjadi nakhoda di SEA Games 2023 mendatang. Namun saat ini, Indra belum bisa bergerak (untuk persiapan jelang even tersebut) sebelum rampungnya Kongres Luar Biasa PSSI.

Sebagaimana diketahui, Indra akhirnya dipilih oleh Ketum dan Exco PSSI dalam rapat akhir bulan Januari kemarin. Indra dianggap sebagai sosok yang tepat untuk menggantikan posisi STY.

Digantikannya STY tak lepas dari jadwal padat sang pelatih. Dikarenakan dalam waktu yang sangat dekat, skuad Garuda muda juga bakal mengikuti even 2023. Maka mau tak mau Shin harus melepas salah satu jabatan pentingnya. Tanpa pikir panjang, setelah mengambil kesimpulan bahwa Piala Dunia U-20 lebih penting, maka Shin pun melepas even SEA Games 2023 untuk dinakhodai oleh pelatih lain.

Terpilihnya Indra Sjafri juga berdasarkan persetujuan dari Shin Tae-yong.

Setelah dipastikan menukangi Timnas Indonesia di kelompok umur tersebut, Indra Sjafri seyogianya sudah bisa memetakan pemain mana saja yang akan ia maksimal di even tersebut. Namun katanya, ia belum mau bergerak karena ia masih menunggu proses Kongres Luar Biasa PSSI. KLB PSSI sendiri akan digelar pada 16 Pebruari mendatang atau sekitar satu minggu lagi.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Tentunya ada alasan di balik keputusan Indra tersebut. Karena PSSI akan ditukangi oleh nakhoda baru, maka Indra belum mau bergerak. Sebab bisa saja pemimpin baru di PSSI nanti mengubah hal-hal yang berkaitan dengan kepelatihan di Timnas Indonesia begitu juga yang menyangkut dirinya (Indra Sjafri) di SEA Games 2023 tersebut.

Oleh sebab itu, ia pun harus menunggu komando baru dari pemimpin baru PSSI nanti. Entah itu terkait pemusatan latihan atau hal-hal lain yang harus dipersiapkan sebelum mentas di even tersebut. Termasuk dengan target yang diusung oleh PSSI. Namun perlu diketahui adalah Indra sudah pernah menukangi skuad Garuda Indonesia di even serupa.

Di SEA Games 2019 di Filipina, Indra memimpin Evan Dimas dkk dalam cabang olahraga sepak bola putra. Namun sayangnya, di even itu Indra gagal mempersembahkan emas karena kalah di partai final atas Timnas Vietnam.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Soal target nanti. Itu setelah tanggal 16 Februari (KLB PSSI) baru saya petakan. Pertama tentu dengan coach Shin, bagaimana pun ini pemain kita atur alurnya termasuk nanti juga kita harus bicara dulu dengan pelatih-pelatih klub,” kata Indra Sjafri.

Adapun terkait pemilihan dirinya (sebagai pelatih SEA Games 2023) tersebut, Indra menyebut keadaan ‘darurat' yang membuat dirinya akhirnya terpilih sebagai pengganti STY.

“Saya bilang ini emergency, saya sudah bicara dengan coach Shin. Coach Shin memang mau fokus ke U-20 karena perbedaan hari yang hanya tiga hari dan kita mau coach Shin itu fokus ke U-20 dan beliau mengaminkan dia melepas SEA GAMES dan saya diskusi kemarin untuk membantu pekerjaan coach Shin karena di kontrak kan jadi tanggung jawab coach Shin,” tutup pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

7 Comments