Intermezzo

Tidak Miliki Aturan Khusus, FIFA Perbolehkan Pesepakbola Pipis di Dalam Lapangan



NOBARTV NEWS – Sepak bola adalah sebuah pertandingan yang pada umumnya dimainkan selama 90 menit. Belum termasuk jika nanti ditambah dengan babak extra time. Selama kurun waktu sekitar satu setengah jam itu, bagaimana jika seorang pesepakbola kebelet untuk pipis?

Sejauh ini, belum ada peraturan FIFA yang membahas hal tersebut. Jadi, pesepakbola diperbolehkan untuk meninggalkan lapangan untuk memenuhi ‘panggilan alam’ itu. Namun jika sudah tidak tahan lagi, mereka diperbolehkan untuk pipis di lapangan.

Kejadian serupa pernah terjadi beberapa tahun silam. Hanya saja, saat itu pemain yang kebelet pepes Eric Dier meminta izin kepada wasit untuk meninggalkan lapangan lalu masuk ke lorong stadion lantas memasuki toilet. Saat itu, 29 Desember 2020, Tottenham Hotspur tengah berjumpa Chelsea dalam ajang Piala Liga.

Menjelang 13 menit waktu bubar, Eric Dier tiba-tiba menghilang dari lapangan. Padahal, saat itu timnya tengah tertinggal 1-0. Dan ternyata, hal itu (menghilangnya Dier) menjadi perhatian sang pelatih Spurs saat itu Jose Mourinho sehingga membuatnya kebingungan. Pelatih asal Portugal itu lalu mengejar Dier hingga ke lorong stadion.

Beberapa saat kemudian, keduanya tampak keluar secara bergiliran. Dier kembali melanjutkan pertandingan sedangkan Mourinho kembali melakukan tugasnya di pinggir lapangan.

Usai laga, Mourinho menceritakan momen lucu antara dirinya dengan Dier. Ia bahkan memuji apa yang sudah dilakukan oleh anak asuhnya itu. Mourinho menyebut Eric Dier tidak normal.

“Kami mencoba mengatur tim dengan pemain yang kami miliki. Apa yang terjadi pada Eric Dier tidak normal, saya harus memujinya dengan cara khusus,” ujar Mourinho kepada wartawan.

“Seorang pemain harusnya dilarang untuk memainkan dua pertandingan dalam 48 jam di level ini [setelah dia bermain melawan Newcastle United]. Apa yang dia lakukan adalah perbuatan manusiawi,” jelasnya lagi.

Sergio Ramos Lebih Parah Lagi

Bek asal Spanyol Sergio Ramos bahkan lebih parah lagi. Legenda Real Madrid yang kini membela klub Prancis PSG itu pernah buang air besar di dalam stadion. Saat itu, Real Madrid tengah bertanding melawan Eibar dalam lanjutan La Liga.

Namun tak berselang lama, Ramos meminta izin kepada wasit untuk meninggalkan lapangan demi kenyamanannya. Sekitar 5 menit lamanya pemain Real Madrid berjumlah 10 orang di atas lapangan.

Wasit Beri Kartu Merah Karena Pemain Ketahuan Pipis di Lapangan

Karena belum ada peraturan yang mengikat kondisi ini, sang pengadil lapangan pun dibuat bingung jika mengalami kondisi serupa. Saat itu, kiper Blackfield & Langley Connor Maseko mendapatkan kartu merah karena ketahuan pipis di pagar rumput.

Ketika itu, Connor seharusnya menendang bola karena bola sudah berada di wilayahnya. Namun Connor justru berlari ke belakang gawang lalu pipis seketika. Melihat kejadian itu, tim lawan yakni Shepton mengadu kepada wasit. Alhasil, sang pengadil memberikan kartu merah langsung kepada sang kiper.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments