Intermezzo

Eks Pelatih PSM Makassar Resmi Latih Rafael Struick dkk di ADO Den Haag



NOBARTV NEWS – Eks pelatih PSM Makassar Darije Kalezic resmi menjadi pelatih untuk klub divisi kedua ADO Den Haag. Menariknya, di tim berjuluk The Hague itu, terdapat salah satu pemain bernama Rafael Struick.

Darije Kalezic merupakan eks pesepakbola yang kini berkarier sebagai seorang pelatih. Ketika masih aktif sebagai pemain, Darije Kalezic pernah meniti karier sepakbolanya di berbagai klub Eropa.

Pria kelahiran Pfäffikon 53 tahun silam ini pernah membela klub Bosnia-Herzegovina seperti FK Lokomotiva dan Velez Mostar. Kalezic juga tercatat pernah bermain untuk klub Kroasia Neret Metkovic. Di luar kedua negara tersebut, pelatih yang dulunya berposisi sebagai bek tengah ini lebih banyak menghabiskan kariernya sebagai pesepakbola di beberapa klub Belanda. Sebut saja seperti FC Den Bosch, RKC Waalwijk, AGOVV, dan terakhir De Graafschap.

Di De Graafschap, Kalezic bermain selama dua tahun sejak 1 Juli 2004 sampai 2006. Setelah itu, tepatnya pada tanggal 1 Juli 2006, ia memutuskan untuk pensiun.

Begitu pensiun di De Graafschap, ia langsung diangkat sebagai pelatih tim muda di klub tersebut. Karier kepelatihannya pun melonjak drastis. Dua tahun bersama De Graafschap II, ia langsung dipromosikan sebagai asisten pelatih di tim utamanya. Ia menjadi asisten pelatih De Graafschap sejak 1 Juli 2008 sampai 25 Pebruari 2009.

Setelah itu, jabatannya kembali dinaikkan sebagai pelatih kepala De Graafschap. Dari 25 Pebruari 2009 sampai 30 Juni 2011, ia menjadi arsitek utama untuk klub berjuluk De Superboeren tersebut.

Setelah itu, Kalezic berpindah-pindah klub. Dari Eropa hingga klub-klub Asia. Salah satu klub Asia yang pernah dilatihnya adalah PSM Makassar. Di PSM Makassar, Kalezic menukangi tim asal Sulawesi Selatan itu sejak 2 Pebruari 2019 sampai 16 Desember 2019.

Kalezic menukangi PSM Makassar dalam 53 pertandingan dengan rincian 24 kali meraih kemenangan, 7 kali imbang, dan 22 kali menelan kekalahan. Dengan rekam jejaknya sebagai pelatih dan pemain top di Eropa, catatan kemenangannya bersama PSM Makassar jelas sangat buruk.

Meskipun demikian, Kalezic pasca menukangi PSM kembali membesut beberapa klub Eropa lainnya seperti MVV Maastricht dan FC Utrecht U-21. Dan menariknya, begitu masa kontraknya bersama FC Utrecht U-21 habis pada 30 Juni kemarin, Kalezic tidak membutuhkan waktu lama untuk mencari klub yang ingin meminangnya.

Pasalnya, pada 1 Juli 2023, Kalezic resmi menjadi pelatih klub divisi kedua Liga Belanda ADO Den Haag. Di klub tersebut, terdapat satu pemain Timnas Indonesia yakni Rafael Struick. Rafael merupakan winger Timnas Indonesia yang baru-baru ini mencatatkan debutnya bersama negara kelahiran nenek moyangnya itu.

Hal yang lebih membanggakan adalah bersama skuad Garuda, Rafael langsung dipercaya untuk turun di dua laga penting sekaligus. Pertama yaitu ketika bertemu dengan Timnas Palestina dan kedua ketika berhadapan dengan Timnas Argentina.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment