Timnas Indonesia

Sempat Datangkan Justin Hubner cs ke Indonesia, Begini Kata Eks Exco PSSI



NOBARTV NEWS – Khalayak sepak bola Indonesia dibuat terkejut dengan panggilan dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB). Pasalnya, KNVB memanggil Justin Hubner dalam pemusatan latihan Timnas Belanda U-20 jelang uji coba melawan Timnas Prancis. Hal itu memantik komentar dari eks Exco PSSI Hamdan Hamedan.

Sebagaimana diketahui, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick merupakan tiga pemain keturunan yang diproyeksikan tampil membela di 2023. Namun, sebelum mereka turun di even tersebut, ke-tiganya harus melalui proses naturalisasi terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, Shin Tae-yong pun meminta ke-tiganya untuk dinaturalisasi. Shin tak ingin skuad Garuda muda bermain tidak maksimal di Piala Dunia U-20. Oleh sebab itu, ia ingin skuadnya ditambah dengan beberapa pemain keturunan yang disebut pemain naturalisasi.

Namun lucunya, ketika proses naturalisasi tersebut masih berjalan, Justin Hubner dipanggil oleh Timnas Belanda. Bek tengah Wolverhampton Wanderers U-21 itu memang sempat membela Timnas Belanda U-19. Namun karena pemain yang bersangkutan telah memilih untuk dinaturalisasi, seharusnya ia tidak dipanggil lagi oleh KNVB.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Atas pemanggilan tersebut, Justin Hubner sudah mengklarifikasinya. Ia mengaku tak tahu langkah apa yang akan ia ambil. Apakah ia akan memenuhi panggilan tersebut atau tidak. Sebab sampai saat ini pun, Justin belum tahu progres naturalisasinya karena ia sudah tidak pernah dikontak lagi oleh pengurus PSSI yang baru.

Dari pihak PSSI, Wakil Ketua Umum Zainudin Amali juga sudah angkat suara. Pria yang juga berstatus sebagai Menpora RI itu mengaku belum tahu terkait pemanggilan itu. Namun ia berjanji akan memberikan keterangan setelah ia mendapatkan informasi akuratnya.

“Saya belum dapat informasi clearnya, itu nanti. Setelah kami mendapatkan informasi clear baru saya akan komentari,” kata Zainudin Amali.

“Karena dia (Justin Hubner) tahu sendiri ya dia lagi proses, sebentar lagi kan hanya nunggu DPR. Iya nunggu DPR. Kalau dari Presiden (Joko Widodo) sudah (ditandatangani),” tambah politikus partai Golkar itu.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Adapun Hamdan Hamedan, eks Exco PSSI era Iriawan yang memiliki peran dalam proses naturalisasi pemain keturunan pun juga ikut bersuara. Ia mengaku tak tahu lagi dengan proses naturalisasi pemain karena dirinya sudah tak berada di PSSI lagi.

“Sudah tidak bantu di PSSI lagi,” kata Hamdan ketika ditanyai perihal proses naturalisasi Justin Hubner.

“Kebetulan saya sudah tidak menangani naturalisasi terakhir kali saya hanya mengurusi Shayne hingga mendapatkan KTP dan komunikasi dengan Setneg hingga akselerasi ke DPR sebelum reses,” ujarnya menambahkan.

“Itu persis pas sebelum KLB saya masih ada komunikasi dengan Setneg. Setelah itu tidak ada lagi.”

“Masa tugas saya itu ya berakhir dengan berakhirnya kepengurusan pak Iwan (sapaan akrab Mochamad Iriawan),” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments