Timnas Indonesia

Ada Sandy Walsh dan Jordi Amat, Berikut 5 Pemain Baru di Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – PSSI telah mengumumkan 28 pemain yang akan mengikuti TC di Bali jelang 2022. Menariknya, dari 28 nama tersebut, terdapat lima wajah baru di skuad Timnas Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya!

Kelima nama baru di Timnas Indonesia ini dipanggil dengan berbagai sebab. Ada yang memang baru resmi menjadi WNI seperti pemain naturalisasi, adapula yang dipanggil (lagi) setelah sempat terganti. Dan adapula yang baru mendapatkan kesempatan untuk promosi.

Dijadwalkan, para pemain yang dipanggil tersebut akan mengikuti TC pada 26 September hingga menjelang dimulainya Piala AFF 2022. Dan direncanakan pula, di sela-sela pemusatan latihan tersebut, Garuda Indonesia akan melakoni satu laga uji coba melawan salah satu kontestan klub Liga Indonesia.

Terpanggilnya para pemain berikut memiliki alasan khusus. Sudah jelas, performa yang apik menjadi alasan utama mereka mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi lagi. Siapa saja?

Berikut daftar nama, beserta alasan pemanggilan disertai dengan statistiknya!

1. Pemain Naturalisasi

a. Sandy Walsh

Sandy Walsh menjadi satu dari 28 pemain yang dipastikan mendapatkan panggilan dari STY. Saat ini, Sandy bersama klubnya KV Mechelen tengah dalam performa yang cukup baik. Musim ini, eks pemain Timnas Belanda U-17 ini telah mengemas 2 gol dan 2 assist dari 17 penampilannya di ajang Liga Pro Belgia.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Torehan gol dan assist ini tentu sangat istimewa mengingat posisinya hanyalah seorang bek.

b. Jordi Amat

Meski baru bergabung dengan Johor Darul Takzim, Jordi Amat berpeluang untuk meraih gelar perdananya dengan klub berjuluk The Southern Tigers itu.

Beberapa waktu lalu, Jordi sukses membawa JDT ke partai final Piala Malaysia usai menumbangkan tim Saddil Ramdani Sabah FC. Musim ini, Jordi telah tampil di 3 laga Piala Malaysia. Menariknya, di 3 laga itu Jordi selalu bermain penuh sepanjang pertandingan.

2. Pemain Comeback

a. Hansamu Yama Pranata

Bek tengah Persija Jakarta Hansamu Yama Pranata pernah menjadi tulang punggung Timnas Indonesia. Hanya saja, sejak tahun 2019 lalu, bek kelahiran Mojokerto ini tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk tampil bersama Timnas Indonesia.

Piala AFF 2022 merupakan kali pertama ia dipanggil di bawah asuhan sang pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Musim ini, Hansamu telah tampil sebanyak 8 kali di ajang . Ia juga merupakan pemain yang cukup diandalkan oleh Thomas Doll.

b. Andy Setyo

Sama seperti Hansamu YP, Andy Setyo merupakan pemain lama namun wajah baru di skuad Timnas Indonesia. Berposisi sebagai bek tengah, Andy telah tampil sebanyak 7 kali di ajang BRI Liga 1 musim ini bersama klubnya Persikabo 1973.

3. Pemain Promosi

a. Dzaky Asraf

Dzaky Asraf menjadi satu dari tiga pemain Garuda muda yang diikutsertakan Shin dalam TC Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022. Dua pemain lainnya adalah Marselino Ferdinan dan Muhammad Ferrari. Hanya saja, Ferrari dan Marselino telah tampil lebih dulu bersama Timnas Indonesia. Sedangkan Asraf merupakan pemain baru yang dipromosikan oleh STY untuk pertama kalinya.

Meski baru berusia 19 tahun, namun Dzaky cukup diandalkan oleh pelatih PSM Bernando Tavares. Sejauh ini, Dzaky telah tampil sebanyak 10 kali di ajang BRI Liga 1. Ia juga telah tampil dalam ajang bergengsi AFC Cup bersama klub berjuluk Juku Eja itu.

Mampukah pemain muda ini menggeser posisi pemain yang lebih senior nanti?

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment