Timnas Indonesia

Terkait Persiapan Timnas U-23 di Piala AFF U-23 2023, Begini Kata Asisten STY



NOBARTV NEWS – Asisten STY yakni Nova Arianto menerangkan persiapan skuad Timnas U-23 jelang tampil di ajang U-23 2023.

Sebagaimana diketahui, pada tahun ini, di berbagai kelompok umur akan turun dalam beberapa kompetisi. Dimulai dari level Asia Tenggara hingga dunia.

Kompetisi-kompetisi tersebut adalah 2026, Kualifikasi 2024, 2023, FIFA Matchday 2023, Asian Games 2022, hingga Piala AFF U-23 2023.

Di antara banyaknya even yang akan diikuti itu, even yang paling dekat adalah Piala AFF U-23 2023. Rencananya, even sepakbola antar negara Asia Tenggara ini akan digelar di Thailand pada 18 Agustus sampai 26 Agustus 2023 dan bakal diikuti oleh skuad yang diasuh oleh Shin Tae-yong.

Ya, selain Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, serta beberapa laga FIFA Matchday tahun 2023 ini, pelatih asal Korea Selatan itu juga bertugas sebagai nahkoda di Piala AFF U-23 2023.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Tapi sayangnya – berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh asisten STY yakni Nova Arianto, persiapan skuad Garuda muda di ajang ini ternyata belum matang. Bahkan, mereka belum berencana untuk melakukan pemusatan latihan di saat even akan dilaksanakan kurang dari satu bulan lagi.

Entah apakah staf kepelatihan Timnas Indonesia yang kurang cakap atau PSSI yang belum berkoordinasi dengan mereka. Pasalnya, untuk ajang ini, PSSI memang tak memberikan target apapun kepada punggawa Timnas Indonesia. Termasuk dengan even lainnya yaitu Asian Games 2022 yang akan digelar di Hangzhou China beberapa bulan berikutnya.

Ya, sama seperti Asian Games, kami tidak menargetkan apa-apa di Piala AFF U-23,” kata Erick Thohir beberapa waktu lalu.

“Kami ingin tim muda kita dipersiapkan sebagai jenjang persiapan tim seniornya,” lanjut Erick.

“Ingat, Kualifikasi Piala Asia U-23 berlangsung di Solo pada bulan September, kalau bisa kita lolos,” tutup pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Adapun Nova, melalui media sosialnya, sang asisten curhat tentang persiapan skuad Garuda di Piala AFF U-23. Katanya, skuad Garuda akan dipersiapkan dalam waktu dekat. Namun baginya dan juga staf kepelatihan Timnas Indonesia, mempersiapkan tim jelang tampil di even tersebut bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Seolah sedang menyentil para klub, Nova mengungkapkan sulitnya mendapatkan izin untuk mengambil pemain untuk tampil bersama Timnas Indonesia di tengah-tengah berjalannya kompetisi (Liga 1).

“Serangkaian agenda Tim Nasional dalam waktu dekat akan berjalan, pastinya bukan pekerjaan yang mudah dan Tim Nasional pastinya butuh doa dan dukungan dari semua pihak,” tulis Nova Arianto.

“Karena mempersiapkan Tim Nasional di saat kompetisi sedang berjalan akan menjadi tantangan tersendiri buat tim pelatih,” katanya menambahkan.

“Harapan kami program dan rencana yang sudah dibuat pelatih kepala dan tim pelatih semuanya bisa berjalan dengan lancar,” pungkas bek tengah Timnas Indonesia tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment