Timnas Indonesia

Tanpa Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh, STY Sebut Rencananya Kacau



NOBARTV NEWS – Absennya dua pilar Garuda muda Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh di TC membuat Shin Tae-yong kesal. Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut rencananya jadi kacau akibat absennya dua pemain tersebut.

Sebagaimana diketahui, Marselino baru saja diresmikan sebagai pemain baru KMSK Deinze. KMSK Deinze merupakan klub yang saat ini bermain di kasta kedua atau Challenger Pro League. Pemain muda andalan Shin Tae-yong itu diikat kontrak dengan durasi 1,5 tahun ke depan.

Dari beberapa unggahan terbaru KMSK Deinze, sang pemain terpantau sudah mengikuti pemusatan latihan bersama rekan-rekan barunya. Hal itu membuat ia tak bisa bergabung dengan rekannya di Timnas Indonesia U-20 yang saat ini sedang melakukan pemusatan latihan di Jakarta.

Adapun Ronaldo Kwateh, winger lincah Madura United itu juga disebut sedang melakukan negosiasi dengan klub kasta kedua . Shin pun belum bisa memastikan apakah keduanya bisa mengikuti pemusatan latihan tersebut atau tidak. Absennya dua pemain tersebut, kata STY, membuat rencananya jadi kacau.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Ada pemain Persija sama Persib belum dilepas ke Timnas dan dua lagi Marselino sama Ronaldo Kwateh. Tadi siang dapat kabar dari Persib akan lepas pemain dan sudah dijanjikan juga, tinggal Persija saja nanti,” kata pelatih asal Korea Selatan itu.

“Karena ini akan ada turnamen dunia bulan Maret, saya minta tolong. Saya mengerti pihak atau klub seperti apa tetapi mohon pengertiannya dari klub agar bisa dilepas pemainnya,” ujar Shin menambahkan.

“Jujur tidak dapat jawaban pasti, saya belum pernah dapat detail laporan seperti apa. Saya sedikit tersinggung juga, dua pemain itu ke luar negeri tanpa ada laporan, apalagi kami sedang mempersiapkan Piala dunia dan piala Asia, lumayan kacau juga rencana yang sudah siapkan,” tutupnya kemudian.

Perkataan Shin Tae-yong ini cukup masuk akal. Pasalnya, dalam waktu yang sangat berdekatan, skuad Garuda muda akan bermain di dua even sekaligus. Pertama adalah Piala Asia U-20 2023 dan kedua 2023. Oleh sebab itu, ia sangat membutuhkan kedua pemain andalannya itu. Namun kenyataannya, keduanya sama-sama tak bisa bergabung di TC skuad Garuda muda saat ini.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Piala Asia U-20 sendiri akan dihelat di Uzbekistan dan skuad Garuda tergabung di grup A bersama tiga tim kuat lainnya. Calon lawan Muhammad Ferrari dkk adalah Timnas Uzbekistan yang bertindak sebagai tuan rumah, lalu dua tim asal timur tengah yaitu Timnas Irak dan Suriah.

Adapun di Piala Dunia U-20 nanti, skuad Garuda memang belum diputuskan akan bergabung dengan tim mana saja. Akan tetapi sudah bisa dipastikan bahwa anak asuh Shin Tae-yong itu tergabung di grup A dan berada di pot 1. Kepastian itu didapatkan Marselino Ferdinan dkk karena status Timnas Indonesia sendiri yang akan menjadi tuan rumah.

Untuk jadwal lengkapnya, Piala Asia U-20 2023 akan dihelat pada tanggal 1 sampai 18 Maret 2023 dan Piala Dunia U-20 pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

11 Comments