Timnas Indonesia

AFC Umumkan Drawing Piala Asia 2023 Dilakukan pada 11 Mei, Indonesia Dipastikan Gabung Pot 4!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – AFC atau Federasi Sepak Bola Asia akan melakukan drawing untuk Piala Asia 2023 pada Kamis 11 Mei 2023. Dalam babak drawing tersebut, bisa dipastikan bahwa masuk dalam pot 4 atau pot terakhir.

Sebagaimana diketahui, AFC selaku induk sepak bola tertinggi di Asia akhirnya memastikan waktu dan tempat pelaksanaan drawing untuk Piala Asia 2023. AFC akan melakukan babak drawing tersebut di Doha, Qatar – selaku tuan rumah untuk even tersebut.

Sebetulnya, Indonesia melalui PSSI juga telah mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah untuk Piala Asia 2023. Indonesia bersaing dengan negara Asia Timur seperti Korea Selatan dan juga tim timur tengah Qatar. Akan tetapi, AFC selaku pemegang kekuasaan tertinggi resmi memilih Qatar.

Qatar dipilih dengan berbagai pertimbangan – yang salah satunya adalah sudah pernah menjadi tuan rumah untuk even sebesar Piala Dunia. Dan di even tersebut, mereka sukses menjadi tuan rumah. Selain itu, untuk sumber daya manusia (SDM), Qatar jelas lebih baik dari Indonesia dan Korea Selatan.

Maka daripada itu, terpilih lah Qatar. Namun menariknya, sejak awal, PSSI sudah ingin dan sangat mengincar posisi tuan rumah sebelum beberapa waktu lalu. Jadi, PSSI berencana mencalonkan diri setelah China mundur dengan alasan pandemi covid-19. Lantas PSSI mengirim permohonan agar Indonesia menjadi tuan rumah sehingga Marc Klok dkk tidak perlu bersusah payah untuk meraih hasil maksimal di babak kualifikasi.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Namun secara mengejutkan, Timnas Indonesia berhasil lolos lewat babak kualifikasi tersebut. Tergabung di grup A bersama Timnas Kuwait, Yordania, dan Nepal, skuad asuhan Shin Tae-yong finis sebagai salah satu runner-up terbaik dan berhak mentas di even tersebut. Meskipun demikian, PSSI tetap mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Namun seperti yang disebutkan tadi, AFC telah memilih Qatar sebagai tuan rumah.

Menariknya, Piala Asia 2023 yang sejatinya harus dilaksanakan pada tahun ini terpaksa diundur karena faktor cuaca. Awalnya, AFC menetapkan even tersebut dilaksanakan pada 16 Juni sampai 16 Juli 2023. Namun karena Qatar sedang mengalami musim panas di saat pelaksanaan tersebut, maka dengan keputusan bersama, ajang tersebut diundur hingga tahun depan. Akan tetapi, penyebutannya tetap sama yakni “Piala Asia 2023 di Qatar.”

Setelah dikonfirmasi, Piala Asia 2023 akan dilaksanakan pada 11 Januari 2024 atau tahun depan. Adapun untuk babak drawing, AFC akan melangsungkannya pada 11 Mei mendatang.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Lalu, di mana Timnas Indonesia di babak drawing itu?

Jika melihat posisi Timnas Indonesia di rangking resmi FIFA saat ini, maka bisa dipastikan bahwa anak asuh Shin Tae-yong itu akan berada di pot 4. Sebab di antara kontestan lainnya, skuad Garuda Indonesia menjadi tim dengan peringkat terbawah di rangking FIFA. Marc Klok dkk menempati posisi 151 dunia.

Dengan dipastikannya Indonesia berada di pot 4, maka mereka bisa dipastikan bakal berjumpa dengan tim kuat dari pot 1, lalu pot 2, dan pot 3.

Berikut Perkiraan Pembagian Pot dalam Babak Drawing Piala Asia 2023:

POT 1:

  1. Qatar (60)
  2. Jepang (20)

  3. Iran (24)

  4. Korea Selatan (25)

  5. Australia (27)

  6. Saudi Arabia (49)

POT 2:

  1. Iraq (68)
  2. Uni Emirat Arab (70)

  3. Oman (75)

  4. China (80)

  5. Syria (90)

  6. Vietnam (96)

POT 3:

  1. Uzbekistan (77)
  2. Jordan (84)

  3. Bahrain (85)

  4. Palestina (93)

5.Kyrgyzstan (94)

  1. Lebanon (100)

POT 4:

  1. India (106)

  2. Tajikistan (108)

  3. Thailand (111)

  4. Malaysia (145)

  5. Hongkong (146)

  6. Indonesia (151)

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

7 Comments