Timnas Indonesia

Prediksi Drawing Piala Asia Jika Indonesia Jadi Tuan Rumah

TOPIK BERITA :


Prediksi Drawing Piala Asia Jika Indonesia Jadi Tuan Rumah

NOBARTV NEWS – Piala Asia 2023 dihelat kurang dari satu tahun lagi. Jika Indonesia mendapatkan restu sebagai tuan rumah, maka anak asuh Shin Tae-Yong itu akan tergabung di pot 1 bersama tim-tim kuat di Asia.

Usai mundur sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, ada lima tim yang saat ini ingin mengganti posisi China. Australia, Korea Selatan, Jepang, hingga Qatar. Terakhir, Indonesia juga masuk sebagai penantang dari Asia Tenggara.

Untuk menjadi tuan rumah, beberapa persyaratan harus dipenuhi oleh PSSI. Kabar baiknya, PSSI mendapatkan restu dari pemerintah dalam hal Kemenpora. Bahkan, Presiden RI, Joko Widodo mendukung niat dan hajat PSSI itu.

Saat ini, bisa dibilang Indonesia merupakan tim terlemah yang turut serta di Piala Asia 2023 – jika mengacu kepada peringkat terakhir FIFA. Indonesia tertinggal di posisi 155 FIFA. Sedangkan tim terbaik (Asia) masih dipegang oleh Timnas Iran.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Jika nanti Timnas Indonesia melawan Iran di fase grup, maka dipastikan anak asuh Shin Tae-Yong itu akan dipecundangi sang lawan. Hanya satu cara agar Indonesia tidak bertemu dengan tim-tim tersebut. Yaitu dengan bertindak sebagai tuan rumah, maka Indonesia dipastikan tidak akan bertemu dengan tim kuat lainnya seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, hingga Qatar.

Lalu bagaimana dengan Arab Saudi yang sebelumnya masuk ke pot 1?

Mau tidak mau, Arab Saudi terpental ke pot 2 karena di antara tim-tim yang disebut tadi, ia berada di rangking terbawah – karena posisinya sudah digantikan oleh Timnas Indonesia.

Sedangkan untuk negara Asia Tenggara lainnya, Vietnam terpaksa turun ke pot 3 imbas terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah.

“Menilik dari website resmi Okezone, Timnas Indonesia akan dimudahkan untuk lolos ke semifinal Piala Asia 2023 jika Marc Klok dkk bertindak sebagai tuan rumah. Sebab Indonesia akan bertemu dengan masing-masing tim dari pot 2, 3, dan 4.”

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Melihat komposisi ini, peluang skuad Garuda lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 terbuka lebar jika tergabung dengan China (pot 2), Vietnam (pot 3) dan Malaysia (pot 4),” tulis Okezone di situs resminya.

Berikut prediksi pembagian pot Piala Asia 2023 dengan catatan Indonesia bertindak sebagai tuan rumah.

Pot 1

Iran (23)

Jepang (24)

Korea Selatan (28)

Australia (39)

Qatar (49)

Indonesia (155)

Pot 2

Arab Saudi (53)

Uni Emirat Arab (69)

Irak (70)

Oman (75)

China (78)

Suriah (89)

Pot 3

Vietnam (97)

Lebanon (100)

Uzbekistan (77)

Bahrain (85)

Yordania (86)

Palestina (94)

Pot 4

Kirgizstan (95)

India (104)

Tajikistan (108)

Thailand (111)

Hong Kong (145)

Malaysia (147)

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid