Timnas Indonesia

Terus Berlanjut, 141 Peserta Ikuti Seleksi Timnas U-17 di Kota Banjarmasin



NOBARTV NEWS – Seleksi pemain U-17 telah diselenggarakan di delapan kota dari 12 kota yang dijadwalkan. Kemarin, pada Minggu 23 Juli 2023, ratusan pesepakbola muda mengikuti seleksi di Kota Banjarmasin.

Seperti yang diketahui, sampai saat ini, PSSI masih melakukan seleksi terhadap pesepakbola muda di 12 kota berbeda. Proses seleksi tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menjaring pemain berbakat di seluruh nusantara.

Nantinya, para pemain yang lolos seleksi tersebut akan bergabung di pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-17 di Jakarta. Dan selama di Jakarta, mereka akan melakukan pemusatan latihan beberapa minggu sekaligus dinilai langsung oleh para staf kepelatihan Timnas U-17. Bagi pemain yang dianggap sesuai dengan kriteria, maka mereka akan kembali diikutsertakan dalam TC lanjutan di luar negeri. Akan tetapi, jika terdapat pemain yang tidak memenuhi kebutuhan tim, maka PSSI akan memulangkan mereka – dan menggantikannya dengan pemain lainnya. Sistem pemusatan latihan Timnas U-17 ini disebut sistem promosi – degradasi.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Saat ini, seleksi tersebut sudah berjalan di 8 kota berbeda. Berarti, lebih dari setengah kota seleksi sudah didatangkan oleh PSSI. Untuk beberapa wilayah, Bima Sakti tidak hadir langsung dalam proses seleksi itu. Akan tetapi, ia memiliki perwakilan seperti pelatih lokal dan Asprov PSSI yang turut membantu prosesnya.

Di kota ke-8, seleksi tersebut dilakukan di Banjarmasin – tepatnya di  Stadion Demang Lehman, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu pagi (23/07). Stadion tersebut juga merupakan markas salah satu klub Liga 1 Barito Putera.

Proses seleksi yang dilakukan sejak pagi hingga siang hari itu dipimpin oleh Azhari Rangkuti dan Aldi Iqbal. Keduanya dibantu oleh staf pelatih dari klub Barito Putera. Di kesempatan tersebut, manajer Barito Putera Muhammad Ikhsan Kamil merasa bersyukur karena kotanya terpilih sebagai salah satu lokasi seleksi pemain Timnas U-17.

“Alhamdulillah kita sangat bersyukur sekali, Banjarmasin terpilih dan diberi kepercayaan oleh PSSI sebagai salah satu dari 12 kota yang menyelenggarakan kegiatan ini,” tutur Ikhsan dilansir dari laman resmi PSSI.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Lebih lanjut, Ikhsan berharap dari seleksi pemain Timnas U-17 di kota Banjarmasin, maka muncul bakat-bakat pesepakbola muda yang kelak memilki kontribusi untuk tim nasional.

“Harapan kami, sesuai dengan founder kita, Haji Sulaiman berharap juga ada talenta dari Banua kita yang memberikan kontribusi untuk tim nasional, mudah-mudahan ada yang lolos,” ujarnya memungkasi.

Dari keterangan yang didapatkan, seleksi yang dilakukan di kota Banjarmasin tersebut menjaring hingga 141 pemain muda. Setelah dari Banjarmasin, PSSI akan kembali melakukan seleksi di beberapa kota lainnya seperti Medan, Surabaya, Makassar, dan Manado.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment