Timnas Indonesia

Lima Punggawa SEA Games 2023 Masuk TC Timnas Jelang FIFA Matchday Mendatang, Siapa Saja?



NOBARTV NEWS – Lima punggawa U-22 yang berhasil membawa skuad Garuda meraih medali emas di SEA Games 2023 dipanggil ke TC Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday Juni mendatang.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri akhirnya berhasil merengkuh gelar pertamanya sejak 32 tahun yang lalu. Gelar SEA Games tersebut begitu sempurna dan terasa lengkap. Pasalnya, selama perjalanannya dari fase grup hingga babak final, skuad Garuda menemui pesaing yang tak kalah kuat.

Meskipun menang dengan mudah di fase grup atas lawan-lawannya, namun perjuangan itu tidaklah simpel ketika memasuki babak semifinal. Di laga semifinal, skuad Garuda berjumpa dengan juara bertahan Vietnam U-22. Bermain dengan tempo yang sangat tinggi, skuad Timnas Indonesia akhirnya meraih kemenangan di detik-detik akhir pertandingan.

Adapun di babak final, mereka kembali mengalahkan sang raksasa Thailand U-22. Laga melawan Timnas Thailand U-22 tak semudah yang dibayangkan. Laga penuh tensi, amarah, emosi, semuanya bercampur menjadi satu. Bahkan, perkelahian antar pemain dan staf tak terhindarkan saking kerasnya pertandingan tersebut. Namun pada akhirnya, skuad Timnas Indonesia akhirnya meraih kemenangan mutlak 2-5 lewat babak extra time 2×15 menit.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Beruntungnya, lima dari 20 pemain yang tampil di SEA Games kemarin mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia senior. Sang pelatih Shin Tae-yong memercayakan lima punggawa tersebut untuk mengikuti TC bersama Timnas Indonesia senior jelang FIFA Matchday Juni mendatang. Diketahui, pada bulan depan, Timnas Indonesia akan bermain melawan dua tim asal timur tengah dan Amerika Latin.

Laga pertama melawan tim asal timur tengah yakni Palestina itu akan tersaji pada 14 Juni di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Adapun laga kedua melawan Timnas Argentina akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta beberapa hari sesudahnya (19 Juni).

Lantas, siapa saja lima pemain Timnas Indonesia U-22 yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia senior? Berikut daftarnya!

1. Marselino Ferdinan

Terpanggilnya Marselino Ferdinan bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Pasalnya, sebelum SEA Games 2023 digelar, pemain KMSK Deinze ini sudah rutin dibawa ke skuad senior.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

2. Ernando Ari

Tampil gemilang di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-22 selama SEA Games 2023, Shin Tae-yong kembali memanggil pemain muda milik Persebaya Surabaya ini.

3. Witan Sulaeman

Meskipun tidak memberikan penampilan terbaiknya sepanjang SEA Games 2023 kemarin, eks pemain Lechia Gdansk Witan Sulaeman ‘lagi-lagi' mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong.

4. Rizky Ridho

Sulit bagi Shin Tae-yong untuk tidak memasukkan nama Rizky Ridho. Pemain anyar Persija Jakarta ini sukses mengawal lini belakang Timnas Indonesia U-22 selama SEA Games kemarin. Atas hal tersebut, ia lagi-lagi mendapatkan panggilan Shin Tae-yong setelah sebelumnya (FIFA Matchday Maret 2023) juga meraih kepercayaan sang pelatih.

5. Pratama Arhan

Meskipun tidak menjadi pilihan di klubnya Tokyo Verdy, namun Arhan rutin mendapatkan kepercayaan dari Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur. Setelah sukses bersama Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023, eks pemain PSIS Semarang itu kembali ke Timnas Indonesia senior.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid