Timnas Indonesia

Piala Dunia U-17 2023: Timnas Indonesia Gabung Pot 1 dengan Brasil hingga Spanyol

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Meskipun berada di pot 1 dalam drawing nanti, namun skuad Garuda Asia berpotensi untuk berada di grup neraka dalam ajang tersebut.

Seperti yang diketahui, pada akhir tahun ini, akan digelar sebuah even sepakbola internasional bertajuk Piala Dunia U-17 2023. Even akbar itu akan diselenggarakan di Indonesia setelah Peru dinyatakan batal sebagai tuan rumah.

Awalnya, Peru diminta oleh FIFA sebagai tuan rumah. Akan tetapi, dikarenakan Peru mengalami krisis ekonomi, mereka pun gagal memenuhi standarisasi untuk menjadi penyelenggara untuk ajang tersebut. Pemerintah dan Federasi Sepakbola Peru tak mampu menyiapkan infrastruktur yang memadai untuk menggelar ajang akbar tersebut. Oleh sebab itu, Indonesia akhirnya dipilih untuk menggantikannya.

Terpilihnya Indonesia sendiri tak lepas dari kesiapannya. Ya, sebelum dinyatakan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, Indonesia lebih dulu pernah ditunjuk sebagai tuan rumah untuk even 2023. Akan tetapi, begitu infrastruktur serta SDM (Sumber Daya Manusia) dan seluruh persiapan lainnya hampir 100 persen, FIFA membatalkan status tersebut. Dibatalkannya status Indonesia sebagai tuan rumah tak lepas dari pengaruh demo besar-besaran yang menimpa salah satu kontestan yaitu Timnas Israel. Sementara itu, Israel merupakan semifinalis Euro U-19 sehingga mereka berhak mentas di Piala Dunia U-20 yang sejatinya digelar di Indonesia.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Dikarenakan gelombang protes itu, FIFA akhirnya membatalkan status tuan rumah untuk Indonesia. Akibatnya, para pemain yang tergabung di skuad Timnas U-20 batal tampil dan dibubarkan. Tapi beruntungnya, meskipun Indonesia dikenai sanksi administratif akibat gagal sebagai tuan rumah, namun ternyata FIFA masih memberikan kepercayaannya. Alhasil, pada Jumat 23 Juni atau beberapa hari lalu, FIFA memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah membuat skuad Garuda Asia (julukan U-17) dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 tanpa perlu mengikuti tahapan seleksi. Bahkan, anak asuh Bima Sakti itu akan berada di pot 1 bersama tim-tim unggulan dari berbagai penjuru dunia. Dari beberapa informasi yang tersebar, Indonesia berada di pot 1 bersama Timnas Brasil, Meksiko, Prancis, Jerman hingga Spanyol.

Berikut Pembagian Pot Drawing Piala Dunia U-17 2023 Indonesia:

Pot 1

Indonesia

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Brasil

Meksiko

Prancis

Spanyol

Jerman

Pot 2

Mali

Inggris

Jepang

Korea Selatan

Argentina

Ekuador

Pot 3

Selandia Baru

Iran

Senegal

Amerika Serikat

Uzbekistan

Maroko

Pot 4

Kanada

Kaledonia Baru

Panama

Burkina Faso

Polandia

Venezuela

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment