Timnas Indonesia

Sudah Dikonfirmasi Iwan Bule, Shayne Pattynama Lakukan Sumpah WNI pada 24 Januari 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Proses naturalisasi bek sayap Viking FK Shayne Pattynama tinggal selangkah lagi. Sang pemain akan melakukan proses akhir yakni sumpah WNI di Kantor Kementerian Hukum dan HAM. Direncanakan, proses tersebut akan dilangsungkan pada Selasa, 24 Januari 2023.

Sebagaimana diketahui, Pattynama menjadi satu dari tiga pemain keturunan yang mendapatkan prioritas untuk dinaturalisasi. Selain dirinya, ada bek sayap KV Mechelen Sandy Walsh dan bek tengah Johor Darul Takzim Jordi Amat yang terlebih dahulu melalui tahap tersebut (naturalisasi). Bahkan, satu di antara mereka yakni Jordi Amat sudah melakukan debutnya dengan di 2022 kemarin.

Terkait alasan naturalisasi ini, ketiga pemain ini diharapkan tampil di Piala Asia 2023 yang rencananya akan dilangsungkan pada tahun 2024 di Qatar. Ketiganya juga sudah diamati oleh Shin Tae-yong untuk mengikuti proses naturalisasi sejak awal kemarin.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Selain tiga nama senior tersebut, PSSI juga sedang melakukan proses naturalisasi kepada tiga pemain muda yang dipersiapkan tampil di 2023. Tiga pemain tersebut adalah Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers U-21), Ivar Jenner (FC Utrecht) dan Rafael Struick (ADO Den Haag).

Adapun Shayne Pattynama, ia akan segera diresmikan (sumpah WNI) mengikuti dua rekannya yang lain. Rencananya, proses sumpah itu akan dilakukan pada hari Selasa 24 Januari 2023. Hal itu sudah dikonfirmasi secara langsung oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

“Alhamdulillah proses naturalisasi Shayne Pattynama telah mencapai langkah terakhir,” kata Iriawan dilansir dari laman resmi PSSI.

“Kedatangan Shayne dijadwalkan agar timingnya pas antara waktu kehadiran dengan jadwal yang diberlakukan oleh Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sekaligus pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP),” lanjut pria yang biasa disapa Iwan Bule itu.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Tak lupa, Iwan Bule juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada para pihak yang sudah membantu seperti Presiden RI Joko Widodo, Kemenpora, Kemenkumham, Kemensetneg, dan Kemendagri.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak Presiden Jokowi yang pada telah menandatangani Keppres naturalisasi Shayne. Juga kepada empat kementerian, yakni Kemenpora, Kemenkumham, Kemensetneg, dan Kemendagri juga pihak terkait lainnya yang telah mengawal perjuangan Shayne untuk mewujudkan cita-citanya membela Timnas Indonesia.”

“Semoga proses pengucapan sumpah nanti bisa berjalan lancar. Tentu saja saya dan masyarakat sepakbola Indonesia berharap bisa menyaksikan Shayne berseragam merah-putih dan berjuang bersama pemain lainnya untuk membawa Indonesia berprestasi di kancah internasional. Amin,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

7 Comments