Timnas Indonesia

Soal Peluang Melaju ke Babak Semifinal Piala AFF U-23, Begini kata STY



NOBARTV NEWS – Peluang U-23 untuk lolos ke semifinal U-23 belumlah tertutup. Kemarin, sang pelatih mengungkapkan peluang anak asuhnya untuk melaju ke babak tersebut.

Seperti yang diketahui, pada Kamis (18/8) kemarin, skuad Garuda memainkan laga perdananya dalam ajang Piala AFF U-23 2023 grup B. Sayangnya, di laga tersebut, anak asuh Shin Tae-yong itu menjalani start yang tidak sempurna. Mereka dikalahkan oleh sang rival sekaligus negara tetangga Timnas Malaysia U-23.

Sempat memimpin lebih dulu lewat Ramadhan Sananta di babak pertama, skuad Harimau Malaya Muda bangkit di babak kedua. Dua gol diborong oleh pemain keturunan Malaysia – Skotlandia Fergus Tierney. Brace yang dicetaknya itu membuat dirinya keluar sebagai pahlawan. Salah satu gol yang dikemas Tierney berasal dari titik putih akibat pelanggaran yang dilakukan Kadek Arel. Kebetulan, pemain yang dijatuhkan adalah Fergus Tierney sendiri. Dalam tayangan ulang, Tierney diduga tengah melakukan diving alias menjatuhkan diri dengan niat diberikan hadiah penalti. Hal itu pun mendapat sorotan dari sang pelatih Shin Tae-yong. Menurut Shin, Timnas Indonesia U-23 seharusnya tidak diberikan hukuman penalti karena di dalam kotak 12 pas itu, tidak pernah terjadi pelanggaran.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Saya ingin menyinggung soal penalti yang didapat Malaysia. Menurut saya, itu bukan pelanggaran dan wasit perlu meninjaunya kembali,” kata Shin usai pertandingan saat itu.

Dan baru-baru ini, menjelang laga melawan Timnas Timor-Leste U-23 di partai keduanya di ajang tersebut, STY berbicara terkait peluang timnya untuk lolos ke babak semifinal. Dikarenakan tim yang diasuhnya menelan kekalahan di partai perdana, maka di laga melawan Timor Leste U-23, Ramadhan Sananta dkk wajib untuk meraih kemenangan besar. Kemenangan besar tersebut diharapkan bisa membuat skuad Garuda menjadi runner-up terbaik sehingga lolos ke semifinal.

Sama seperti yang ia ungkapkan di sesi konferensi pers sebelum melawan Malaysia, Shin kembali menegaskan bahwa di laga melawan Timor Leste U-23, ia akan berupaya memberikan hasil terbaik. Sebab walaupun Piala AFF U-23 tak ubahnya ia anggap seperti pertandingan persahabatan, namun ia sebagai pelatih akan berjuang maksimal hingga turnamen ini selesai. Ungkapan tersebut bisa diartikan bahwa Shin akan berjuang mati-matian di laga melawan Timnas Timor Leste U-23 demi mendapat tiket ke semifinal bahkan hingga turnamen ini selesi.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Terlepas dari hasil pertandingan melawan Malaysia, kami akan tetap berupaya memberikan yang terbaik. Meski ini hanya semacam pertandingan persahabatan, tetapi kami tetap akan berusaha semaksimal mungkin hingga turnamen selesai,” kata Shin Tae-yong.

“Tetapi kami akan tetap melakukan yang terbaik sampai menyelesaikan turnamen ini,” tutup eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment