Timnas Indonesia

STY Ungkap Alasan Pilih Libya sebagai Lawan Uji Coba sebelum Piala Asia 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong mengungkapkan alasannya memilih Libya sebagai lawan uji coba skuad Garuda jelang Piala Asia 2023.

Tadi malam, berjumpa dengan Timnas Libya di laga uji coba sebelum Piala Asia 2023. Uji coba tersebut merupakan pertama yang dilakukan Timnas Indonesia sebelum Piala Asia 2023. Ya, demi tampil maksimal di even akbar Piala Asia tersebut, digelarlah tiga laga uji. Dua uji coba tersebut melawan Timnas Libya di Antalya Turki serta satu uji coba lainnya bertemu dengan Timnas Iran di Doha Qatar.

Namun sayangnya, dalam uji coba pertama semalam, Marc Anthony Klok dkk dikalahkan dengan skor telak 4-0. Kendati sudah melakukan 10 pergantian pemain di babak kedua, skuad Garuda tetap gagal memperkecil kedudukan. Empat gol itu sendiri dicetak oleh Ahmed Ekrawa (25′), Omar Al Khoja (58′), Nour Al Din Al Qulaib (89′), dan Alaa Al Qajdar (90+2′).

Beragam reaksi diberikan netizen setelah peluit panjang dibunyikan. Di media sosial, mereka meluapkan emosi dan rasa kesalnya akibat kekalahan menyakitkan itu. Rasa kesal itu bukan tanpa sebab. Hal itu dikarenakan dalam ajang Piala Asia 2023 nanti, Timnas Indonesia tergabung dalam grup sulit bersama Timnas Irak, Jepang, dan Vietnam. Bagaimana mungkin Timnas Indonesia bisa mengimbangi lawan-lawannya di Piala Asia sementara di uji coba saja mereka takluk dari tim yang jauh di bawah tiga calon lawannya.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Sementara itu, PSSI juga memberikan respons terkait hasil laga semalam. Salah satu anggota Exco PSSI Arya Sinulingga meminta evaluasi menyeluruh di skuad Garuda. Hal itu ia sampaikan tak lama setelah Timnas Indonesia menderita kekalahan.

STY Ungkap Alasan Pilih Libya sebagai Lawan Uji Coba sebelum Piala Asia 2023
Timnas Indonesia vs Libya malam hari tadi

“Kita berharap ini [kekalahan] dilakukan evaluasi secepatnya oleh pelatih dan kita nantinya pada saat pertandingan resmi, pada tanggal 5 [Januari], STY sudah menemukan format terbaiknya sehingga kita bisa memenangkan pertandingan di tanggal 5 tersebut,” Arya Sinulingga.

“Jadi kita harap secepatnya mengevaluasi dan menetapkan formasi maupun pemain yang akan dimainkan pada saat pertandingan resmi pada tanggal 5 nanti,” kata Arya menambahkan.

“Dan kita doakan pemain Timnas kita tetap bisa memenangkan pertandingan dan tetap semangat, dan mereka tetap optimis untuk pertandingan berikutnya,” tutupnya.

Namun ternyata, ada alasan tersendiri bagi Shin Tae-yong memilih Libya sebagai lawan uji coba skuad Garuda. Kata Shin uji coba melawan Libya digelar karena PSSI kesulitan mencari lawan tanding. Atas dasar itu, dipilih lah tim asal Afrika tersebut.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Jadi sebetulnya tidak ada alasan khusus memilih Libya,” kata Shin Tae-yong.

“Memang di tahun baru ini susah mencari lawan tanding,” ucapnya menambahkan.

“Tapi Libya sebagai tim dari Afrika mau datang untuk melawan kita di Turki di tanggal 2 dan 5 Januari ini. Jadi (melalui uji coba ini) kami bisa bisa kontrol kondisi pemain.”

“Fokus kami yang pertama memang di Piala Asia. Jadi segala sesuatunya akan difokuskan ke situ,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid