Timnas Indonesia

Waketum PSSI Sebut Proses Naturalisasi 3 Pemain Timnas U-20 Bakal Dipercepat

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali menyebut proses naturalisasi tiga pemain keturunan akan dipercepat. Kata Amali, pihaknya (PSSI) akan segera melakukan rapat dengan Kemenpora RI dan DPR RI dalam waktu dekat ini.

Sebagaimana diketahui, dalam waktu dekat, skuad Garuda muda akan kembali turun dalam sebuah even penting yakni 2023. Di even tersebut, Muhammad Ferrari dkk bertindak sebagai tuan rumah. Oleh karenanya, tanpa perlu mengikuti seleksi, anak asuh Shin Tae-yong itu sudah memastikan diri satu tempat di putaran final Piala Dunia U-20 nanti.

Seluruh kontestan Piala Dunia U-20 yang berjumlah 24 tim sudah dipastikan terisi. Dari benua Eropa ada Timnas Israel U-20, Italia U-20, Prancis U-20, Inggris U-20, dan Slovakia U-20. Sedangkan dari benua Asia, selain Indonesia, AFC bakal diwakili oleh Timnas Uzbekistan U-20, Irak U-20, Jepang U-20, dan Korea Selatan U-20.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Tim-tim terbaik dari berbagai benua lainnya juga akan berpartisipasi. Seperti perwakilan dari Concacaf macam Timnas Amerika Serikat U-20 atau Conmebol Timnas Brasil U-20. Tak lupa pula wakil dari Afrika hingga Oceania yang siap membuat kejutan. Seluruh tim dipastikan akan membawa skuad terbaiknya masing-masing.

Oleh sebab itu, sebagai tuan rumah, Indonesia tentunya tak ingin dibuat malu oleh lawan-lawannya. Maka dengan demikian, sejak Mochamad Iriawan memimpin PSSI, mereka sudah mewacanakan untuk menaturalisasi beberapa pemain. Namun sayangnya, proses naturalisasi tersebut sempat tersendat karena PSSI mengalami pergantian kepemimpinan.

Namun kabar baiknya, Wakil Ketua Umum PSSI yang baru yakni Zainudin Amali mengungkapkan kabar terbaru terkait proses naturalisasi tersebut. Amali yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga itu menjelaskan bahwa proses naturalisasi tersebut akan segera dibahas bersama Komisi III DPR RI.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Kehadiran ke-tiganya diharapkan bisa membuat permainan lebih baik lagi.

“Hari Selasa rapat di Komisi X dan Komisi III itu,” ujar Zainudin Amali kepada media pasa Kamis kemarin.

“Begitu informasi yang saya dapatkan (terkait proses naturalisasi),” ujarnya menambahkan.

Terkait apakah proses naturalisasi tersebut akan dibahas secara bersamaan dengan DPR Komisi III dan V, Zainudin menjawab tidak. Rapat proses naturalisasi tersebut tidak bisa dilakukan dalam satu waktu.

“Beda-beda dong (tidak langsung dua komisi). Informasinya begitu, jangan dipasti-pastiin,” pungkas Amali.

Sebelumnya, tiga calon pemain naturalisasi tersebut yakni Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner sudah sempat bermain bersama Timnas Indonesia dalam sebuah laga uji coba. Ketika skuad Garuda muda melakukan pemusatan latihan di Spanyol pada tahun 2022 kemarin, ke-tiganya dipanggil untuk mengikuti TC tersebut. Bahkan, di salah satu uji coba melawan Timnas Slovakia U-20, Rafael Struick berhasil mencetak gol.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment