Timnas Indonesia

Segera Susul Sandy Walsh & Jordi Amat, Proses Naturalisasi Shayne Pattynama Masuk Meja DPR Minggu Depan



NOBARTV NEWS – Proses naturalisasi bek sayap Viking FK Shayne Pattynama sudah berada di meja DPR RI. Direncanakan, Komisi III DPR RI akan melakukan rapat dengan Kemenpora, Kemenkumham, dan PSSI. Sebelumnya, dua calon pemain naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah melakukannya lebih dahulu.

Jadwal rapat tersebut disampaikan langsung oleh DPR RI dalam laman resminya.

“[Jadwal] Komisi III DPR RI Rapat Kerja dengan Menkumham RI dan Menpora RI [dengan] pembahasan permohonan pertimbangan Kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama,” terang DPR RI.

Rapat yang diikuti oleh berbagai unsur pemerintahan itu akan membahas hal yang sama seperti yang sudah dilalui oleh Amat dan Walsh. Ketua forum rapat akan bertanya kepada seluruh audiens rapat apakah mereka setuju Shayne Pattynama dinaturalisasi atau tidak. Ketika Sandy Walsh dan Jordi Amat melalui proses di meja DPR beberapa waktu lalu, seluruh audiens sepakat memberikan kesempatan bagi dua pemain tersebut untuk mengubah status kewarganegaraannya.

Setelah melalui proses rapat di Komisi III DPR RI, berkas tersebut kemudian akan diteliti lagi oleh Komisi X. Sama seperti Komisi III, Komisi X juga akan melakukan rapat dengan anggota fraksi yang tergabung di dalamnya.

Selesai dari Komisi X, maka proses naturalisasi tersebut dilanjutkan dengan Rapat Paripurna DPR RI. Dan terakhir menunggu SK dari Presiden RI Joko Widodo.

Jika nantinya Presiden RI memberikan SK tersebut, barulah mereka akan disumpah di Kantor Kementerian Hukum dan HAM. Sandy Walsh dan Jordi Amat sendiri tinggal menunggu waktu untuk mengambil sumpah tersebut.

Jika proses ketiga pemain ini tidak memiliki hadangan berarti, maka mereka diprediksi sudah bisa membela Timnas Indonesia di 2022. Skuad Garuda Indonesia sendiri tergabung di grup A bersama Timnas Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang play off antara Timor-Leste dan Brunei Darussalam.

Namun jika ketiganya tidak bisa memperkuat skuad Garuda di even tersebut, maka mereka dipastikan sudah bisa turun di ajang yang jauh lebih penting yakni Piala Asia 2023. Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung di pot 4 bersama beberapa tim lainnya. Ajang ini akan dihelat di Qatar – yang di mana dalam waktu dekat ini mereka juga bertindak sebagai tuan rumah .

Selain tiga pemain senior yang sedang dinaturalisasi tersebut, PSSI juga tengah berupaya mendatangkan pemain muda lainnya guna membela skuad Timnas U-20 di Piala Asia U-20 dan 2023. Sejauh ini, baru dua pemain yang dipastikan akan memperkuat Garuda muda. Mereka adalah bek tengah Wolverhampton Wanderers U-21 Justin Hubner dan gelandang bertahan FC Utrecht U-21 Ivan Jenner.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

15 Comments