Timnas Indonesia

Indra Sjafri Tak Akan Ngotot untuk Panggil Elkan Baggott ke SEA Games 2023



NOBARTV NEWS – Dalam pemusatan latihan jelang SEA Games 2023, Indra Sjafri telah memanggil 34 pemain untuk TC gelombang pertama. Meski Indra mengandalkan pemain dalam negeri, namun ia juga berharap untuk bisa menggunakan dua pemain abroad yakni Pratama Arhan dan Elkan Baggott. Akan tetapi, jika keduanya tak mendapatkan restu dari klubnya, Indra juga tak akan mempermasalahkannya.

Sebagaimana diketahui, dalam 34 daftar pemain yang mengikuti TC kali ini, mayoritasnya merupakan wajah baru. Sebanyak 60 persen pemain yang tak pernah mengikuti TC ikut dalam pemusatan latihan tersebut. Ya, wajar saja. Sebab, pemain yang dipanggil oleh Indra kebanyakan merupakan pemain yang berasal dari Liga 2. Hanya beberapa pemain yang berasal dari Liga 1. Itupun, mereka dipanggil (pemain Liga 1) karena pemain tersebut tak mendapatkan menit bermain yang cukup dari klubnya. Daripada menjadi pemain cadangan yang tak kunjung mendapatkan kesempatan, klub dengan ikhlas melepas mereka.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Nah, pemusatan latihan gelombang pertama ini disebut akan memakan waktu hingga satu mingguan. Setelah itu, Indra akan memilih siapa pemain yang layak dipertahankan atau dibuang. Menariknya, kata Indra, ia tak memiliki patokan terkait berapa jumlah pemain yang harus dipertahankan. Patokan tersebut tidak berdasarkan pada ‘jumlah' namun pada ‘kualitas.'

Jadi, jika TC gelombang pertama ini hanya mampu menyaring 5 pemain berkualitas, maka hanya 5 nama tersebut lah yang akan dibawa olehnya untuk mengikuti TC lanjutan. Setelah ke-lima (misalnya jumlah pemain yang lolos) nama tersebut lolos, maka di kemudian hari mereka akan bergabung dalam sesi latihan lanjutan bersama pemain Liga 1 yang tampil reguler. Seperti Rizky Ridho, Ernando Ari, dan lain sebagainya.

Nah, Indra dalam pengakuannya tak hanya mengandalkan pemain dari liga lokal saja. Pelatih yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu menyebut ia juga akan memanggil dua pemain abroad yakni Elkan Baggott dan Pratama Arhan. Kebetulan, usia kedua pemain tersebut masih sangat muda sehingga bisa didaftarkan sebagai pemain di SEA Games nanti.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Saya belum dapat kepastian, tapi dia itu masih bermain sampai 7 Mei. Tapi untuk saya riskan mengganggu Elkan,” kata Indra terkait kemungkinan Elkan Baggott tampil di SEA Games 2023.

Namun untuk diketahui adalah, SEA Games 2023 direncanakan akan dihelat sejak 5 sampai 17 Mei. Berarti, masih ada kemungkinan bagi Elkan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Akan tetapi, jika pun bek tengah Cheltenham Town itu tak diberikan izin untuk meninggalkan klub, Indra juga tak akan mempermasalahkannya.

“Biarkan dia berkompetisi di sana. Tetapi mana tau kalau klubnya mengizinkan. Ya, silakan,” sambung Indra.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

8 Comments