Timnas Indonesia

Satu Pemainnya Dicoret, Persija Tetap Sumbang Banyak Pemain di Piala Asia U-20



NOBARTV NEWS – PSSI sudah mengumumkan daftar pemain Garuda muda yang akan mengikuti Piala Asia U-20 2023. Menariknya, meski STY telah mencoret 7 pemain, namun Persija tetap menjadi tim yang paling banyak menyumbang pemainnya.

Sebagaimana diketahui, sejak pemusatan latihan awal Pebruari kemarin, PSSI telah memanggil 30 pemain guna mengikuti TC tersebut. 9 di antara 30 pemain tersebut merupakan punggawa muda Macan Kemayoran.

Saat itu, terjadi konflik antara pelatih Shin Tae-yong dan pelatih Persija Thomas Doll. Perselisihan tersebut terjadi karena Persija merasa keberatan 9 pemainnya harus dipanggil di saat mereka sedang bersaing untuk meraih titel juara Liga 1.

Di samping itu, Shin Tae-yong juga sangat membutuhkan mereka. Sebab Shin tak mungkin membentuk timnya sejak pemusatan latihan jika beberapa di antara mereka absen di TC tersebut.

Akibat hal itu, perselisihan kedua pelatih ini pun jadi santapan media sehari-hari. Hingga pada akhirnya, PSSI pun turun tangan untuk menengahi. Alhasil, Persija dan Timnas Indonesia akhirnya mencapai sebuah kesepakatan. Salah satu kesepakatan tersebut yaitu kiper Garuda muda Cahya Supriadi diperbolehkan untuk kembali ke klubnya di tengah-tengah pemusatan latihan bersama Timnas U-20. Ia boleh ke Persija satu hari sebelum pertandingan. Setelah itu, kiper utama Garuda muda itu harus kembali ke Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Dengan kesepakatan tersebut, akhirnya kedua pihak saling memahami dan menerimanya dengan ikhlas. Hingga pada akhirnya, satu persatu pemain Persija pun dilepas. Termasuk sang bek sekaligus kapten Timnas U-20 Muhammad Ferrari. Ia menjadi pemain terakhir yang dilepas oleh tim asal ibukota itu.

Dan menariknya, setelah PSSI membuat pengumuman terkait pemain yang akan dibawa ke Piala Asia U-20 tersebut, dari 9 pemain Persija hanya 1 orang yang dicoret. Dengan demikian, Persija tetap menjadi tim yang paling banyak menyumbang pemainnya ke Timnas Indonesia. Satu-satunya pemain yang dicoret adalah Barnabas Sobor. Itupun sang pemain memang jarang sekali digunakan ketika Garuda muda mengikuti Turnamen Mini PSSI beberapa waktu lalu.

“Kami membawa dan memilih 23 pemain untuk mengikuti Piala Asia U-20 2023. Kami juga terus memperbaiki kekurangan yang ada di tim dan siap mengikuti turnamen tersebut. Untuk kondisi pemain hingga saat ini tidak ada masalah,” ujar sang pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Berikut 23 Pemain Timnas Indonesia yang Akan Berlaga di Piala Asia U-20 2023:

Cahya Supriadi, Persija

Sulthan Zaky Pramana, PSM

Marcell Januar Putra, Persis

Muhammad Ferarri, Persija

Kakang Rudianto, Persib

Zanadin Fariz, Persis

Ferdiansyah, Persib

Arkhan Fikri, Arema

Hokky Caraka Brilliant, PSS

Ronaldo Joybera Junior, Bodrumspor FC

Resa Aditya Nugraha, Persija

Achmad Maulana Syarif, Persija

Dimas Juliono Pamungkas, Bhayangkara FC

Robi Darwis, Persib

Muhammad Dzaky Asraf, PSM

Doni Tri Pamungkas, Persija

Frengky Denaer Missa, Persija

Alfriyanto Nico Saputro, Persija

Rabbani Tasnim Siddiq, Borneo FC

Ginanjar Wahyu Ramadhani, Persija

Hugo Samir, Persis

Daffa Fasya Sumawijaya, Borneo FC

Aditya Arya Nugraha, Persebaya

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments