Timnas Indonesia

PSSI Ungkap Alasan Di Balik Batalnya Proses Naturalisasi Justin Hubner



NOBARTV NEWS – Proses naturalisasi atas nama Justin Hubner resmi dihentikan. Federasi Sepak Bola Indonesia melalui sang Exco Arya Sinulingga mengungkapkan alasannya.

Sebagaimana diketahui, pada 17 April kemarin, PSSI resmi membatalkan proses naturalisasi satu dari tiga pemain muda keturunan yaitu Justin Hubner. Awalnya, PSSI berencana untuk menaturalisasi Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner. Ketiga pemain keturunan tersebut masuk dalam proyeksi skuad Garuda muda di 2023.

Namun sayangnya, Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya dilaksanakan di Indonesia diputuskan batal. FIFA mencabut keikutsertaan Indonesia sebagai tuan rumah sehingga skuad Garuda muda pun dipastikan tidak akan tampil di even tersebut. Dengan demikian, tiga pemain muda keturunan yang diproyeksikan tampil di even tersebut dipastikan batal. Sebab peluang untuk menjadi salah satu peserta lewat jalur tuan rumah dipastikan gagal.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Oleh sebab itu, beberapa rumor terkait dibatalkannya proses naturalisasi tersebut sempat mencuat. Dan pada Senin malam kemarin, Arya Sinulingga selaku anggota Exco PSSI memastikan kalau dua pemain yakni Rafael Struick dan Ivar Jenner dipastikan tetap untuk menjadi pemain naturalisasi. Meskipun keduanya tidak akan tampil di Piala Dunia U-20, namun dengan keyakinannya mereka tetap teguh untuk pindah kewarganegaraan.

Sedangkan Justin Hubner, pemain muda Wolverhampton Wanderers U-21 itu batal menjadi WNI. Alasan dibalik batalnya proses naturalisasi Justin Hubner telah disampaikan oleh Arya Sinulingga. Kata Arya, ada permintaan atau syarat yang diminta oleh pihak Justin Hubner agar ia tetap dinaturalisasi. Namun PSSI selaku yang dimintai syarat tersebut tidak dapat memenuhinya. Alhasil, keduanya sepakat untuk membatalkan proses naturalisasi tersebut.

“Jadi kami tidak melanjutkan untuk melakukan naturalisasi terhadap Justin Hubner ya karena ada permintaan pihak Justin Hubner yang tidak bisa kami penuhi,” kata Arya Sinulingga.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Terkait syarat atau permintaan yang dimaksud, Arya enggan menjelaskannya.

“Ya kami gak mau ngomong duit atau apalah. Pokoknya ada yang memang kami gak bisa penuhi apa permintaan pihak Justin Hubner. Jadi kami tidak melanjutkan proses naturalisasinya,” ujarnya menambahkan.

Meksi demikian, PSSI cukup lega karena hanya Justin yang batal dinaturalisasi. Sebab Ivar Jenner dan Rafael Struick tetap dan akan mengikuti proses naturalisasi tersebut. Proses yang tinggal dilalui oleh Rafael Struick dan Ivar Jenner adalah penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) dan terakhir adalah pengambilan sumpah WNI.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment