Timnas Indonesia

Sah! Komisi X DPR RI Setuju Shayne Pattynama Jadi WNI

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Rapat DPR RI Komisi X bersama Kemenpora, dan PSSI terkait proses naturalisasi Shayne Pattynama telah dilakukan pada Selasa 8 November kemarin. Hasilnya, seluruh peserta rapat setuju untuk memberikan kewarganegaraan Indonesia kepada bek sayap Viking FK itu.

Diketahui, Shayne Pattynama menjadi nama terakhir yang diproses PSSI untuk menjadi Warga Negara Indonesia. Dua pemain lainnya yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh telah lebih dulu diproses PSSI – bahkan proses naturalisasi keduanya tinggal menunggu Keppres RI dan sumpah setia di Kantor Kemenkum dan HAM.

Adapun dalam sidang di gedung DPR RI yang juga dihadiri oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan itu, sang Ketum sempat dicecar oleh beberapa anggota dewan. Dua hal yang cukup dipertanyakan adalah alasan utama mengapa PSSI ingin menaturalisasi Shayne Pattynama. Selain itu, anggota DPR RI Djohar Arifin Husin juga meminta proses naturalisasi ini harus dikerjakan dengan hati-hati. Djohar khawatir jika nantinya negara yang bersangkutan (Belanda) menentang proses naturalisasi tersebut karena terdapat keteledoran pada prosesnya (naturalisasi).

Namun beruntung, setelah menimbang, mendengar aspirasi dari berbagai unsur, serta menanyakan kesungguhan Shayne Pattynama, pimpinan sidang yakni Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengetuk palu menandakan bahwa seluruh sidang setuju untuk memberikan hak kewarganegaraan kepada Shayne Pattynama.

“Memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama, dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Hetifah Sjaifudian.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan merasa bangga dan berharap proses berikutnya berjalan lancar tanpa adanya hambatan.

“Semoga proses-proses berikutnya berjalan lancar sehingga kita bisa melihat Shayne mengenakan seragam kebanggaan ,” ujar Iriawan.

Ketika ditanyai perihal proses naturalisasinya tersebut, Shayne merasa bahagia. Baginya, membela Timnas Indonesia adalah sebuah mimpi besar dan dirinya berharap untuk bisa juara bersama skuad Garuda Indonesia.

“Mimpi saya besar. Saya sangat ingin membela dan juara bersama tim nasional Indonesia,” tutup bek andalan Viking FK itu.

Sembari menunggu proses naturalisasi Shayne Pattynama rampung, PSSI tengah mengupayakan agar proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat segera rampung karena keduanya diharapkan bisa membela Timnas Indonesia di 2022. Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia tergabung di grup A Piala AFF 2022 bersama Timnas Kamboja, Filipina, Thailand, dan Brunei Darussalam. Turnamen ini akan dihelat pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments