Timnas Indonesia

Bima Sakti Diminta Tentukan Skuad Inti Timnas U-17 oleh Erick Thohir



NOBARTV NEWS – Ketua Umum PSSI Erick Thohir ingin mengetahui secepatnya nama-nama pemain yang akan berlaga di 2023.

Seperti yang diketahui, beberapa bulan lagi – tepatnya pada tanggal 10 Nopember hingga 2 Desember mendatang, skuad Garuda Asia (julukan U-17) akan tampil dalam ajang Piala Dunia U-17 2023. Di even tersebut, anak asuh Bima Sakti itu akan bertindak sebagai tuan rumah. Oleh karena itu, skuad Garuda Asia dipastikan lolos ke putaran final tanpa mengikuti babak kualifikasi. Selain itu, di babak drawing nanti, skuad Timnas U-17 dipastikan berada di pot 1 bersama tim-tim unggulan lainnya.

Kepastian skuad Garuda Asia untuk berlaga dan menjadi tuan rumah tak lepas dari keputusan Peru. Ya, sebelumnya – Peru yang lebih dulu ditunjuk sebagai tuan rumah resmi mengundurkan diri. Negara asal Amerika Latin itu dilanda berbagai masalah seperti bencana alam hingga krisis ekonomi sehingga membuat mereka terpaksa membatalkan diri.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Alhasil, FIFA pada akhirnya meminta Indonesia sebagai tuan rumah pengganti. Dan tanpa pikir panjang, PSSI menyambut baik tawaran tersebut bahkan langsung melakukan persiapan begitu dipercaya sebagai tuan rumah.

Pertama, PSSI menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih skuad Garuda Asia. Kedua, PSSI menggelar seleksi di 12 kota berbeda se-Indonesia untuk menjaring pemain-pemain berbakat. Tak hanya itu saja, ketiga – PSSI juga mengadakan pemusatan latihan dan tentunya yang tak bisa untuk tidak dilakukan adalah menggelar uji coba.

Sejauh ini, skuad Garuda Asia telah melakukan tiga laga uji coba. Pertama, mereka takluk di uji coba pertama versus Barcelona Juvenil (3-0), kemudian kalah lagi ketika bertemu Kahsima Antlers U-18 (3-2), namun akhirnya menang atas tim muda Persis Solo U-17 (3-0).

Tak hanya itu saja, setelah melakukan TC dan uji coba di dalam negeri, anak asuh Bima Sakti itu juga akan diberangkatkan PSSI ke luar negeri – tepatnya di Jerman. Di Jerman, skuad Garuda Asia akan mengikuti sebuah turnamen mini. Setelah selesai dari Jerman, barulah para pemain tersebut pulang ke Indonesia dengan persiapan maksimal jelang berlaga di ajang tersebut.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Maka daripada itu, wajar jika sedari kini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta Bima Sakti segera mungkin menentukan skuad inti untuk Piala Dunia U-17 tersebut.

“Timnas hari ini masuk 42 pemain dari seleksi 12 kota. Bukan seleksi kaleng-kalengan, benar-benar datang. Tidak ada pemain titipan,” kata Erick Thohir.

“Saya sudah meminta Coach Bima, yang saat ini didampingi Coach Indra dan Frank untuk memastikan pada pekan ketiga atau empat Agustus tim inti sudah terbentuk. Sebelum main melawan Korea U-17 dan berangkat ke Jerman,” ujarnya menambahkan.

“Di Jerman kami sudah menata pertandingan persahabatan. Kalau tidak salah tim Jerman U-17 juga terbuka untuk uji coba,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment