Timnas Indonesia

STY Ungkap Alasan Panggil Pemain Minim Pengalaman ke TC Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – STY mengungkapkan alasannya memanggil pemain minim pengalaman ke TC .

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu – PSSI lewat laman resminya mengumumkan daftar pemain yang diminta untuk mengikuti TC jelang FIFA Matchday September 2023. Tak hanya untuk FIFA Matchday saja, PSSI juga mengumumkan daftar pemain untuk Kualifikasi 2023.

Untuk FIFA Matchday melawan Timnas Turkmenistan, laga tersebut rencananya akan digelar pada 8 September mendatang. Namun sebelumnya, mereka – para pemain yang terpilih akan mengikuti TC pada 4 September atau beberapa hari sebelum laga dimulai.

Dan pada pemanggilan saat itu, untuk FIFA Matchday tersebut, Shin meminta kehadiran 24 pemain. Lima dari 24 pemain tersebut merupakan punggawa abroad seperti Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Saddil Ramdani (Sabah FC), Sandy Walsh (KV Mechelen), Shayne Pattynama (Viking FK), dan Asnawi Mangkualam Bahar (Jeonnam Dragons).

Baca Juga:  Maarten Paes Resmi Dikukuhkan sebagai WNI, Berpeluang Debut di Juni 2024

Dan menariknya, dalam daftar pemain yang dipanggil tersebut, terdapat beberapa wajah baru yang memiliki catatan pertandingan yang tidak terlalu mengesankan. Di kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 ini, mereka belum memberikan efek positif kepada tim yang dibelanya. Bahkan, mereka tidak mendapatkan jam terbang tinggi ketika bermain bersama tim-nya. Salah dua pemain yang dimaksud adalah punggawa Persija Jakarta Aji Kusuma dan Akbar Arjunsyah. Diketahui, Aji dari 10 pertandingan yang sudah dimainkan Persija baru bermain sebanyak satu kali sebagai starter. Sedangkan Akbar dua kali.

Berkaitan dengan keputusannya itu, sang pelatih Shin Tae-yong angkat suara. Ia menjelaskan alasan dipanggilnya pemain yang minim pengalaman tersebut ke TC Timnas Indonesia tersebut.

“Memang dibagi dua timnya. Jadi bisa lebih banyak yang didaftarkan. Mungkin kalau dibicarakan lebih detail kita belum bisa pastikan pemain-pemain tersebut bisa didaftarkan atau tidak,” kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Netizen usai Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U23

“Jadi mungkin kita akan coba latihan dulu setelah itu baru akan dipastikan yang akan didaftarkan siapa saja,” ucapnya menambahkan.

Sayangnya, untuk ajang FIFA Matchday ini, Timnas Indonesia tidak akan ditangani oleh Shin Tae-yong. Shin meminta asistennya Choi In-cheol untuk menahkodai skuad Timnas di FIFA Matchday tersebut. Sebab seperti yang diketahui, Shin harus membesut Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2023. Maka daripada itu, mau tak mau ia harus melepas Timnas senior mengingat Kualifikasi Piala Asia U-23 jauh lebih penting.

“Memang saya agak ribet juga. Untuk timnas senior pelatih Choi yang asisten pelatih utama kita (yang akan menangani tim). Jadi dia tahu apa yang saya mau untuk taktik dan lain-lain, jadi dia akan tanggung jawab atas timnas senior. Saya akan lebih fokus pada timnas U-23,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid