Timnas Indonesia

7 Pemain Naturalisasi Indonesia yang Pernah Bela Negara Lain



NOBARTV NEWS – Lebih dari 30 pemain telah dinaturalisasi PSSI demi kepentingan . Namun tak semua pemain mengakhiri keputusannya (bela Timnas Indonesia) dengan manis. Menariknya, beberapa di antara pemain tersebut pernah membela negara kelahiran mereka. Siapa saja? Berikut ulasannya!

Sebagaimana diketahui, di tahun 2022 sampai 2023 ini saja, PSSI sedang memproses enam pemain keturunan untuk menjadi WNI. Tiga di antaranya merupakan pemain senior dan tiga lainnya merupakan pemain muda.

Mereka adalah Ivar Jenner, Justin Hubner, Rafael Struick, Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. Tiga nama terakhir merupakan pemain senior dan kabar baiknya, proses naturalisasi ketiganya sudah sah. Mereka sudah boleh membela Timnas Indonesia kapan saja. Namun alasan utama mereka dinaturalisasi adalah demi kepentingan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Adapun tiga nama awal tadi yakni Ivar, Justin, dan Rafael, tiga pemain muda tersebut masih diproses untuk menjadi WNI. Ketiganya dibutuhkan skuad Garuda muda dalam Piala Asia U-20 2023.

Nah, dari sekian banyak pemain yang sudah resmi menjadi WNI, siapa saja pemain yang pernah membela negara selain Indonesia? Berikut ulasannya!

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

1. Sandy Walsh

Fullback kanan KV Mechelen Sandy Walsh ternyata sudah pernah membela Timnas Belanda di berbagai kelompok umur. Jumlah pertandingan yang dilakoni Walsh dengan tim muda The Oranje juga lumayan banyak.

Ia pernah tampil untuk tim U-15 empat kali, U-16 lima kali, U-17 sepuluh kali, U-18 tiga kali, U-19 lima kali, dan U-20 satu kali.

2. Jordi Amat

Bek tengah yang sudah menjalani debutnya untuk Timnas Indonesia di 2022 ini juga beberapa kali bermain untuk tim muda Spanyol.

Tercatat, Amat telah tampil di 4 kelompok umur Timnas Spanyol. Yakni bersama tim U-17, U-19, U-20, dan U-21. Di empat kelompok umur itu, total Amat telah turun sebanyak 29 kali.

3. Jhonny van Beukering

Mantan striker Timnas Indonesia yang memutuskan pensiun sejak 1 Juli 2019 ini pernah membela Timnas Belanda untuk satu kelompok umur. Sayangnya, ia hanya turun sebanyak 1 kali bersama Timnas Belanda U-15. Debut itu ia lakukan pada tahun 1988 lalu.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

4. Ezra Walian

Striker milik Persib Bandung ini pernah membela tiga kelompok umur Timnas Belanda. Menariknya, ia cukup gacor bersama negara kelahirannya itu.

Ezra main di Timnas Belanda U-15 dan sukses mencetak 3 gol dari 4 laga. Ezra juga main sebanyak 6 kali dengan tim U-16 dan 3 kali mencetak gol. Serta tampil di tim U-17 sebanyak 2 kali dan membuat 5 gol.

5. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly pernah main di dua kelompok umur Timnas Belanda. Namun sayangnya, ia selalu menjadi pemain cadangan tanpa pernah turun sama sekali. Tercatat, Lilipaly pernah masuk ke skuad Belanda U-16 dan U-17.

6. Raphael Maitimo

Pemain yang mengakhiri karir sepakbolanya di Liga Indonesia bersama Barito Putera ini merupakan salah satu pemain eks Timnas Belanda U-17. Bersama tim tersebut, Maitimo tampil sebanyak 5 kali.

7. Cristian Gonzáles

Pemain gaek yang masih eksis di Liga Indonesia ini merupakan mantan pemain muda Timnas Uruguay. Bersama Timnas Uruguay U-20, Gonzáles telah mencetak 15 gol dari total 25 pertandingan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

12 Comments