Timnas Indonesia

Indra Sjafri Tak Masalah Asian Games 2022 Tanpa Pemain Abroad

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pelatih U-20 Indra Sjafri tak masalah jika di Asian Games 2022 nanti tim yang diasuhnya tidak diperkuat pemain abroad.

Seperti yang diketahui, usai sukses membawa pulang medali emas SEA Games 2023, Indra Sjafri kembali ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia U-24 di ajang berbeda yaitu Asian Games 2022. Ya, sejatinya, Indra adalah pelatih Timnas Indonesia U-20. Ia telah menekan kontrak selama 4 tahun bersama PSSI untuk menjadi pelatih Timnas U-20.

Meskipun demikian, PSSI tetap memintanya untuk menjadi pelatih di Asian Games 2022. Asian Games 2022 sendiri memperbolehkan setiap tim untuk mendaftarkan pemain dengan batas usia maksimal 24 tahun. Berhubung Indra baru saja meraih gelar SEA Games 2023, ia pun mendapatkan kesempatan untuk kembali membuktikan tajinya sebagai pelatih untuk Timnas Indonesia di kelompok umur lainnya.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Tapi sayangnya, untuk Asian Games 2022 ini, skuad Timnas Indonesia berpeluang tak diperkuat oleh para pemain abroadnya. Hal itu dikarenakan even tersebut tidak masuk dalam kalender resmi FIFA. Asian Games sama halnya seperti hingga SEA Games. Oleh karenanya, para klub berhak untuk menolak andaikata ada tim nasional yang memanggil pemainnya.

Selain terancam tak bisa diperkuat pemain abroad, skuad Garuda Indonesia juga berpeluang untuk tidak diisi oleh pemain inti. Hal itu disebabkan pada pelaksanaan even ini, Liga 1 musim 2023-2024 masih berjalan seperti biasa. Untuk Asian Games 2022, even ini bakal digelar di Hangzhou China pada 23 September sampai 8 Oktober mendatang.

Namun berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Indra Sjafri selaku pelatih, dirinya mengaku sudah menyerahkan daftar 40 pemain yang disiapkan untuk Asian Games 2022 kepada Komite Olimpiade Indonesia atau KOI. Dalam daftar 40 pemain tersebut, Indra menyebut dirinya turut memasukkan nama beberapa pemain abroad. Lebih lanjut, kata Indra, andaikata para pemain abroad diperbolehkan untuk membela Timnas Indonesia, maka ia akan sangat bersyukur. Akan tetapi, kalaupun mereka tak diperkenankan untuk pulang, maka Indra tak mempermasalahkannya.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Ya kita coba (panggil pemain abroad), kaya SEA Games kemarin kan mereka bisa, dan tergantung komunikasinya, walaupun nanti gak bisa juga kita kan gak boleh ngomel-ngomel juga,” kata Indra Sjafri beberapa waktu lalu.

“Yang jelas semua pemain saya udah komunikasi, Arhan, Marselino, Asnawi, sekarang tinggal gimana pengaturan dia dengan klub, kan ini perlu komunkasi intens,” ujarnya menambahkan.

“Kan butuh komunikasi yang intens dengan klub, karena ini kan bukan agenda resmi dari FIFA, tapi kalau ada komunikasi bagus ya InsyaAllah berjalan baik lah,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment