Timnas Indonesia

Dirumorkan Incar Eks Pelatih Timnas Vietnam, Erick Thohir: Saya Tidak Pernah Bicara, Demi Allah!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Erick Thohir menanggapi rumor yang menyebutkan PSSI berminat untuk datangkan eks pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo. Dengan tegas, Ketua Umum PSSI itu membantahnya.

Sebagaimana diketahui, kontrak Shin Tae-yong dengan akan berakhir pada 31 Desember 2023 mendatang. Belum ada kepastian terkait nasib sang pelatih. Apakah PSSI akan memperpanjang kontraknya – atau tidak.

Namun perlu diketahui adalah, STY didatangkan oleh Mochamad Iriawan (Ketua Umum PSSI sebelumnya) untuk menukangi Timnas Indonesia U-20 di 2023. Namun karena even tersebut dibatalkan, pada akhirnya STY pun gagal menukangi tugasnya. Meskipun demikian, Shin sukses membawa Timnas Indonesia senior mentas di Piala Asia 2023. Selain itu, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu juga berhasil mendongkrak posisi Timnas Indonesia di rangking FIFA.

Namun beberapa waktu lalu, rumor menyebutkan kalau PSSI akan menggantikan posisinya. Padahal, kinerja dan Shin Tae-yong cukup baik walaupun ia belum bisa membawa Timnas Indonesia merengkuh gelar juara. Tercatat, ada beberapa even yang di mana Shin Tae-yong gagal membawa anak asuhnya keluar sebagai juara. Dua edisi yaitu pada tahun 2020 dan 2022, adapula SEA Games 2021, Piala AFF U-19 2022, dan Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Adapun terkait rumor pergantian tersebut, hal itu pertama kali dipublikasikan oleh media asal Vietnam The Thao 247. Bahkan, The Thao menyebut kalau PSSI telah melempar nilai gaji yang akan diberikan kepada sang pelatih (Park Hang-seo).

“Pada 12 April dikabarkan Park Hang Seo telah dihubungi PSSI untuk merundingkan kontrak sebagai pelatih Timnas negara tersebut,” tulis The Thao 247.

“Diketahui, PSSI memberikan tawaran yang sangat menggiurkan dengan gaji sebesar US$1,5 juta per tahun atau dua kali lipat dari gaji yang diterima Hang Seo dari Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF),” lanjut pernyataan media tersebut.

Menanggapi rumor itu, Ketua Umum PSSI angkat bicara. Erick berani bersumpah kalau ia tak sekalipun pernah membahas rencana untuk merekrut pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu.

“Saya tidak pernah bicara dengan siapapun, demi Allah. Jadi saya tidak pernah bicara dengan pelatih siapapun sampai hari ini,” kata Erick Thohir.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Sementara itu, beberapa waktu sebelumnya, salah seorang anggota Exco PSSI Arya Sinulingga pernah mengungkapkan kalau Erick memang memiliki rencana untuk bertemu dengan STY guna membahas masalah kontrak tersebut. Namun lebih lanjut, Arya memastikan kalau Erick belum pernah membuat pernyataan akan menggantikan posisinya.

“Kemarin Pak Erick sudah kasih tahu bulan Desember kontraknya habis. Dia akan dikasih target. Pak Erick masih percaya dengan STY, akan tetapi ingin target lebih,” kata Arya Sinulingga.

“Kita lihat nanti. Pak Erick ingin lebih karena STY harus bagus juga hasilnya,” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid