Timnas Indonesia

Fokus Jadi Waketum PSSI, Zainudin Amali Resmi Mundur sebagai Menpora RI

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Zainudin Amali resmi menyerahkan surat permohonan pemunduran diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga RI pada Kamis kemarin.

Sebagaimana diketahui, Menpora RI Zainudin Amali beberapa waktu lalu terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. Ia terpilih menggantikan posisi Yunus Nusi yang di mana Yunus memundurkan diri sebagai Waketum setelah mengantongi suara terbanyak kedua dalam KLB tersebut. Dikarenakan Amali bertengger di posisi ketiga dalam kongres tersebut, maka ia naik menggantikannya (Yunus Nusi).

Di saat yang bersamaan, Amali memiliki status sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga RI. Oleh sebab itu, ia diduga kuat akan segera mengundurkan diri dari jabatannya itu. Namun Amali secara resmi mengajukan diri untuk mundur (sebagai Menpora RI) pada Kamis kemarin. Jadi, hampir satu bulan sejak terpilih sebagai Waketum, pria asal Gorontalo itu rangkap jabatan.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Adapun surat permohonan pemunduran diri itu sudah ia serahkan ke bagian Sekertariat Negara pada 9 Maret 2023.

“Pagi ini saya baru saja ketemu dengan pak Mensesneg saya mengantarkan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi sebagai menteri pemuda dan olahraga,” kata Zainudin Amali di Gedung Kemensetneg kemarin.

Meski demikian, Amali menyebut dirinya akan segera bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo untuk menyampaikan permohonan pemunduran itu secara langsung. Amali menyebut ia akan berjumpa dengan presiden pada Senin (13/03) pekan depan karena orang nomor satu di Indonesia itu sedang melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Namun sebetulnya, Amali sudah sempat bertemu dengan Jokowi usai terpilih sebagai Waketum PSSI. Akan tetapi saat itu ia berstatus sebagai Waketum PSSI bersama dengan para pengurus PSSI terpilih.

“Tapi karena sekarang beliau sedang tidak ada maka kemungkinan saya dijadwalkan hari Senin akan bertemu dengan pak presiden,” ujar Amali menambahkan.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Terkait siapa yang akan menggantikan posisinya sebagai Menpora, Amali tak bisa menjawab. Ia menyerahkan keputusan itu kepada partainya yakni Golkar dan juga keputusan dari Presiden RI Joko Widodo.

“Tinggal tunggu saja kan keputusannya ada di bapak presiden bukan di saya.”

Adapun terkait alasannya lebih memilih berada di PSSI daripada Menpora, Amali juga sudah menyampaikannya kepada presiden dalam pertemuan pertama kala itu.

“Saya sampaikan kepada Pak Presiden, ‘Bapak saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola menjadi pengurus PSSI'. Dan Beliau meminta saya untuk konsentrasi dan fokus kepada sepak bola,” ujarnya memungkasi.

Setelah resmi menjadi Waketum PSSI, Amali memiliki agenda yang cukup berat. Salah satunya adalah ia dan Ketua Umum beserta para Exco akan dihadapi dengan tugas besar sekaligus berat. Yaitu mensukseskan pagelaran 2023.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

16 Comments