Timnas Indonesia

Begini Saran Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia Tersingkir di Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS – Pelatih senior Shin Tae-yong memberikan sarannya kepada punggawa skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) usai gagal di 2023. Apa katanya?

Sebagaimana diketahui, ajang sepakbola internasional bertajuk Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia sudah memasuki babak 16 besar. Di babak 16 besar tersebut terdapat 6 juara grup, 6 runner-up, serta 4 peringkat terbaik mengadukan nasibnya masing-masing.

Sejauh ini, dari delapan pertandingan yang akan digelar pada fase tersebut, sudah ada dua laga yang selesai digelar. Dua laga tersebut tersaji pada hari Senin kemarin antara Timnas Ekuador U-17 vs Brasil U-17 dan laga lain antara Timnas Spanyol U-17 vs Jepang U-17. Hasilnya adalah Brasil U-17 menang 3-1 dan dinyatakan lolos ke babak 8 besar. Begitupun dengan Timnas Spanyol U-17. Tim asal Eropa itu berhak mengikuti langkah Brasil U-17 melaju ke fase tersebut berkat kemenangan atas Jepang U-17 dengan skor tipis 2-1.

Sementara itu, bagi tuan rumah Indonesia U-17 sendiri, Welber Jardim dkk sudah terhenti di fase grup. Dari tiga pertandingan yang dimainkannya, anak asuh Bima Sakti itu cuma bisa mendapatkan dua dari dua hasil imbang. Alhasil, mereka harus puas menjadi penonton dan gagal melaju ke fase knock-out tersebut.

Atas kegagalan tersebut, Bima Sakti dan salah satu pemain Timnas Indonesia U-17 Arkhan Kaka meminta maaf. Sebab sebagai tuan rumah, langkah mereka justru terhenti di babak awal.

“Kami minta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia karena tidak lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Terima kasih atas semua doa dan dukungan yang diberikan kepada kami. Seluruh pemain sudah berjuang keras dan bermain maksimal. Bermain di ajang ini sungguh pengalaman luar biasa bagi kami,” kata Bima Sakti dalam pernyataan resminya.

“Anak-anak Timnas Indonesia U-17 memiliki masa depan yang cerah dan potensi mereka luar biasa. Insya Allah pemain-pemain ini akan disiapkan untuk ke tim U-20 tahun depan bersama coach Indra Sjafri yang notabene akan mengikuti berbagai turnamen internasional. Saya berharap mereka terus bekerja keras, disiplin, meningkatkan kemampuan dan menjaga sikap,” ucapnya menambahkan.

Begini Saran Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia Tersingkir di Piala Dunia U-17 2023
Punggawa Timnas Indonesia U-17 pasca kekalahan atas Maroko U-17 beberapa hari lalu

Menyikapi kegagalan tersebut, pelatih Timnas Indonesia senior Shin Tae-yong akhirnya bersuara. Di tengah-tengah kesibukannya membesut skuad Garuda di 2026, pelatih asal Korea Selatan itu memberikan tanggapan serta sarannya.

“Saya rasa Timnas Indonesia U-17 setidaknya sudah berusaha semaksimal mungkin apapun hasilnya. Para pemain dan staf pelatih, saya rasa mereka sudah berusaha semaksimal mungkin,” kata Shin Tae-yong di sesi konferensi pers jelang laga Filipina vs Indonesia Senin kemarin.

“Saya menyarankan mereka untuk tingkatkan dan apa yang perlu mereka perbaiki. Mungkin mereka bisa menemukannya sendiri,” pungkasnya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid