Timnas Indonesia

Media China Sebut Timnas Indonesia Berada di Level 2 Asia, Apa Maksudnya?

TOPIK BERITA :


NOBARTV.CO.ID Media China sanjung Timnas Indonsia, Sebuah media asal China menyebut berada di level dua Asia. Apa maksud di balik pernyataan itu?

Timnas Indonesia baru saja membuat kejutan dengan mengalahkan Vietnam sebanyak dua kali di ajang 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Bahkan, sebelum dua kemenangan tersebut, anak asuh Shin Tae-yong itu terlebih dahulu sudah pernah mengalahkan Vietnam di ajang Piala Asia 2023.

Jadi, dalam kurun waktu empat bulan ini, skuad Garuda menumbangkan skuad The Golden Star Warriors tiga kali. Kekalahan pertama diderita Nguyen Quang Hai dkk di ajang Piala Asia 2023. Saat itu, gol tunggal Asnawi Mangkualam Bahar membuat Indonesia mengunci kemenangan atas sang lawan dengan skor akhir 1-0.

Kemenangan kedua diraih pada 21 Maret lalu ketika Indonesia menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Kala itu, skuad Garuda menang dengan skor tipis 1-0 lewat gol tunggal yang dicetak Egy Maulana Vikri. Dan secara mengejutkan, kemenangan ketiga diraup anak asuh Shin Tae-yong itu ketika dijamu Vietnam di My Dinh Internasional Stadium. Tak tanggung-tanggung, tiga gol tanpa balas digelontorkan skuad Garuda ke gawang sang lawan. Tiga gol tersebut dibuat oleh Ragnar Oratmangoen, Jay Idzes, dan Ramadhan Sananta.

Baca Juga:  STY Minta Tolong ke AFC agar Laga Indonesia vs Irak Berjalan Bagus

Kemenangan demi kemenangan ini pun membuat skuad Garuda kini menjelma sebagai tim yang diperhitungkan di kancah Asia Tenggara. Klimaksnya adalah Timnas Indonesia pada update peringkat FIFA terbaru resmi bertengger di peringkat 142 atau terbaik ke-tiga di Asia Tenggara. Tak bisa dipungkiri juga, kehadiran beberapa pemain naturalisasi membuat berbagai torehan positif ini mampu untuk diraih.

Oleh karena itu, sebuah media asal China menyebut Timnas Indonesia kini sudah berada di level 2 Asia. Media tersebut menyebut pada awalnya Indonesia adalah tim lemah. Namun kini, dengan kehadiran pemain naturalisasi, maka mereka sudah berada di level yang berbeda.

“China punya musuh yang kuat! Dari tim lemah, mengandalkan naturalisasi, Timnas Indonesia sekarang level 2 di Asia,” tulis media China seperti dilansir dari Soha.vn.

Media China Sebut Timnas Indonesia Berada di Level 2 Asia, Apa Maksudnya?
Para pemain dan pelatih merayakan kemenangan atas Vietnam (sumber: IG @timnas.indonesia)
Baca Juga:  Dari Wasit Utama hingga VAR, Berikut 7 Perangkat Pertandingan Indonesia vs Irak

“Selama ini orang tahu kalau Timnas Indonesia bukan tim kuat di Asia, namun pada Kualifikasi Piala Dunia 2026, mereka dengan mudah mengalahkan Vietnam, menempatkan satu kaki di babak ketiga,” lanjut media tersebut.

“Sepak bola Vietnam telah membuat kemajuan besar, bahkan dianggap kekuatan baru di Asia, lantas mengapa bisa kalah dari Timnas Indonesia?”

Lebih lanjut, kata media itu lagi, Timnas Indonesia kini menjadi tim terdepan yang akan menyandang status sebagai raja Asia Tenggara.

“Kuncinya terletak pada strategi naturalisasi Indonesia. Inilah cara berubah dari tim peringkat bawah menjadi tim peringkat kedua di Asia. Dulu, tim Indonesia bahkan tidak dianggap sebagai tim level 3 di Asia.”

“Sekarang Timnas Indonesia meningkat drastis dalam beberapa tahun saja. Bukan Thailand atau Vietnam, Indonesia lah yang akan jadi raja di Asia Tenggara,” tutup media tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *