Timnas Indonesia

Daftar Juara dan Top Skor Piala AFF dari Masa ke Masa



NOBARTV NEWS – Turnamen sepak bola antar negara Asia Tenggara atau akan dihelat tidak lama lagi. Piala AFF 2022 merupakan edisi ke-14 sejak pertama kali digelar pada tahun 1996 lalu. Berikut daftar juara serta pemain terbaik dan juga top skor dalam ajang dua tahunan ini.

1. Piala Tiger 1996

Sebelum bernama Piala AFF, ajang ini lebih dulu dikenal dengan nama Piala Tiger dengan alasan sponsor. Turnamen ini pertama kali dilangsungkan di Singapura.

Lucunya, meski bertindak sebagai tuan rumah, Singapura gagal melangkah ke babak semifinal. Dan di edisi pertama ini, Thailand menjadi juara. Skuad Gajah Perang sukses menumbangkan Malaysia di partai final 1-0.

Pemain terbaik diraih oleh Zainal Abidin Hassan asal Malaysia sedangkan top skor direngkuh oleh bomber asal Thailand Netipong Srithong-in dengan catatan 7 gol.

2. Piala Tiger 1998

Di edisi keduanya, Vietnam terpilih sebagai tuan rumah. Namun sayang, sang tuan rumah harus puas menempati posisi kedua karena takluk dari Timnas Singapura di partai final. Juara di edisi sebelumnya yakni Thailand hanya menempati posisi keempat. Mereka takluk dari Indonesia di perebutan tempat ketiga.

Myo Hlaing Win terpilih sebagai top skor dengan catatan 4 gol.

3. Piala Tiger 2000

Untuk kedua kalinya, Timnas Thailand kembali merengkuh juara. Gelar tersebut semakin lengkap karena pemainnya Kiatisuk Senamuang terpilih sebagai pemain terbaik. Untuk top skor, pemain Indonesia Gendut Doni Christiawan dan Thailand Worrawoot Srimaka sama-sama mencetak 5 gol.

4. Piala Tiger 2002

Untuk pertama kalinya, Piala Tiger dilangsungkan di dua negara yakni Indonesia dan Singapura. Meski demikian, kedua tuan rumah tak mampu berbuat banyak. Indonesia hanya finis di urutan kedua sedangkan Singapura gagal melangkah ke babak semifinal.

Thailand lagi-lagi mengukuhkan juara untuk ketiga kalinya. Therdsak Chaiman terpilih sebagai pemain terbaik sedangkan bomber muda saat itu Bambang Pamungkas jadi pencetak gol terbanyak dengan torehan 7 gol.

5. Piala Tiger 2004

Untuk kedua kalinya, negara kecil Singapura menjadi juara untuk even ini. Dan untuk kedua kalinya juga Indonesia hanya meraih posisi runner-up.

Legenda Persita Tangerang Ilham Jaya Kesuma jadi pencetak gol terbanyak dengan jumlah 7 gol.

6. Kejuaraan AFF 2007

Juara bertahan di edisi sebelumnya Singapura kembali menggila di edisi kali ini. Gelar ke-tiga untuk Singapura ini sangat lengkap karena mereka menyumbang pemain terbaik dan juga top skor.

Mohd Noh Alam Shah keluar sebagai pemain terbaik dan juga pencetak gol terbanyak dengan catatan 10 gol.

7. Piala Suzuki AFF 2007

Di edisi ketujuhnya, Piala AFF mengeluarkan juara baru. Timnas Vietnam untuk pertama kalinya menjadi juara di even tersebut. Pemain mereka Dương Hồng Sơn keluar sebagai pemain terbaik.

Sedangkan di posisi top skor, tiga pemain memiliki jumlah gol yang sama yakni 4 gol. Mereka adalah Teerasil Dangda (Thailand), Budi Sudarsono (Indonesia), dan Agu Casmir (Singapura).

8. Piala Suzuki AFF 2010

Sama seperti di edisi sebelumnya, Piala AFF edisi ke-8 juga mengeluarkan juara baru. Malaysia untuk pertama kalinya merengkuh gelar tersebut. Sedangkan Indonesia, untuk kesekian kalinya takluk di partai final dan hanya mampu menempati posisi runner-up.

Firman Utina terpilih sebagai pemain terbaik sedangkan bomber Malaysia Mohd Safee Bin Mohd Sali sebagai pencetak gol terbanyak dengan jumlah 5 gol.

9. Piala Suzuki AFF 2012

Untuk keempat kalinya, Singapura merengkuh gelar ini usai menumbangkan Timnas Thailand di partai final. Shahril Ishak terpilih sebagai pemain terbaik sedangkan pemain Thailand Teerasil Dangda mencetak 5 gol sekaligus menjadi yang terbanyak di edisi saat itu.

10. Piala Suzuki AFF 2014

Timnas Thailand terlalu superior dalam ajang ini. Di edisi ke-10, Thailand meraih gelar ke-empatnya sepanjang turnamen ini digelar.

Chanathip Songkrasin keluar sebagai pemain terbaik sedangkan Mohd Safiq Rahim keluar sebagai pencetak gol terbanyak dengan jumlah 6 gol.

11. Piala Suzuki AFF 2016

Dominasi Thailand terlalu kuat di Asia Tenggara. Mereka lagi-lagi mempertahankan gelar yang sebelumnya diraih. Ini merupakan kali ke-5 mereka meraih juara.

Dan yang lebih menakjubkan adalah mereka terpilih sebagai tim fair play. Selain itu, pemain terbaik juga berasal dari mereka – yang di mana berhasil direngkuh oleh Chanathip Songkrasin. Yang bikin lebih bangga lagi adalah Teerasil Dangda menjadi pencetak gol terbanyak.

12. Piala Suzuki AFF 2018

Vietnam akhirnya memutus rentetan juara yang selalu direngkuh Thailand. Untuk kedua kalinya, Vietnam menjadi juara di even ini.

Meski tak menjadi juara, namun Timnas Thailand mengirim pemainnya sebagai pencetak gol terbanyak yakni Adisak Kraisorn dengan 8 gol. Adapun pemain terbaik jatuh kepada pemain Vietnam Nguyễn Quang Hải.

13. Piala Suzuki AFF 2020

Thailand mengukuhkan dirinya sebagai tim terbaik sepanjang masa perhelatan Piala AFF. Di tahun 2020, Thailand menjadi juara untuk ke-enam kalinya.

Chanathip Songkrasin keluar sebagai pemain terbaik. Adapun di posisi top skor, 4 pemain sama-sama menjadi pencetak gol terbanyak. Mereka adalah Safawi Rasid, Chanathip Songkrasin, Teerasil Dangda, dan Bienvenido Marañón.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

10 Comments