Timnas Indonesia

3 Pemain Timnas U-20 yang Diprediksi ‘Hilang’ Usai Ivan Jenner & Justin Hubner Selesai Dinaturalisasi



NOBARTV NEWS – Kehadiran empat pemain naturalisasi di Timnas U-20 akan membuat beberapa pemain lainnya tersingkir. Mau tidak mau, sebagai pelatih, STY tentu akan memilih pemain terbaik dari yang terbaik. Adapun dari kehadiran dua calon pemain Timnas U-20 Ivan Jenner dan Justin Hubner, diprediksi tiga pemain akan menjadi korbannya.

Untuk diketahui, PSSI tengah melakukan upaya untuk menaturalisasi pemain U-20. Keempat pemain tersebut diproyeksikan tampil membela Garuda muda di ajang 2023. Bahkan, jika proses naturalisasi tersebut bisa selesai jauh lebih cepat, bisa saja mereka juga tampil di Piala Asia U-20 yang dihelat sebelum Piala Dunia U-20 tersebut.

Akan tetapi, sampai saat ini, baru dua pemain yang sudah berada di Indonesia. Mereka dikabarkan telah melakukan proses (naturalisasi) awal seperti wawancara dengan Badan Intelijen Negara (BIN). Kedua pemain tersebut adalah Ivan Jenner dan Justin Hubner.

Ivan Jenner merupakan pemain muda FC Utrecht U-21 yang kini berkompetisi di Keuken Kampioen Divisie. Sedangkan Justin Hubner adalah punggawa klub Liga Premier Inggris Wolverhampton Wanderers U-21 yang berlaga di Premier League 2.

Lalu siapa saja pemain yang kemungkinan tersingkir usai keduanya resmi dinaturalisasi? Berikut daftarnya!

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

1. Ahmad Rusadi

Kehadiran Justin Hubner sangat mengancam posisi bek tengah yang diisi oleh pemain Persela Lamongan Ahmad Rusadi. Meski dirinya tampil sebagai pemain inti di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, namun hal itu tidak bisa menjamin dirinya untuk tetap mengisi lini belakang Garuda muda.

Terlebih, di posisi tersebut ia harus bersaing dengan beberapa pemain lokal lainnya seperti sang kapten Muhammad Ferrari (Persija Jakarta), Kakang Rudianto (Persib Bandung), dan Syayid Alhawari (Persija).

Akan tetapi, jika STY menggunakan skema tiga bek seperti yang pernah ia lakukan sebelumnya, bisa jadi Rusadi justru terpakai sebagai pelapis untuk trio bek tengah Ferrari, Hubner, dan Kakang.

2. Dimas Pamungkas

Sama seperti Ahmad Rusadi yang kemungkinan tergerus karena hadirnya Justin Hubner, posisi Dimas Pamungkas juga rentan untuk diisi oleh pemain naturalisasi Ivan Jenner.

Padahal, pemain muda Bhayangkara FC ini selalu tampil di seluruh laga tatkala Garuda muda lakoni Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Dimas menjadi gelandang tengah yang amat dibutuhkan saat itu. Bisa dibilang, ia adalah jenderal lapangan tengah yang sukses membawa timnya melaju ke Piala Asia U-20 2023.

3. Ronaldo Kwateh

Kehadiran Ivan Jenner juga berpotensi menyingkirkan posisi sayap yang biasa ditempati oleh Ronaldo Kwateh. Meski tidak berposisi sama, namun kehadiran Ivan Jenner tentu akan membuat lini tengah Timnas Indonesia menumpuk oleh beberapa pemain potensial. Sebut saja Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, dan Dimas Pamungkas.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Jika ke-tiga pemain tersebut berada dalam satu pertandingan serta ditambah dengan kehadiran Ivan Jenner, maka Ronaldo Kwateh harus ditarik keluar dan opsi yang paling cocok adalah menggeser Marselino Ferdinan ke posisi sayap. Meski ini hanya terkaan semata, namun hal ini bisa saja terjadi – mengingat nama Ronaldo Kwateh dalam beberapa akhir ini menjadi perdebatan banyak orang.

Beberapa waktu lalu, komentator sepakbola asal Indonesia Bung Kusnanini mengomentari Ronaldo Kwateh. Bung Kus blak-blakan meminta STY untuk mengistirahatkan pemain blasteran itu.

“Memang di bawah ekspektasi ya penampilan Ronaldo saat ini. Orang tahu kan kemampuan Ronaldo seperti apa. STY juga tahu kemampuannya, dia ini pemain bagus. Cuma pemain muda kan masih sering labil performanya, nah itu sekarang yang dialami oleh Ronaldo,” ujar Bung Kus.

“Kalau saran saya sih dalam keadaan lagi turun begini, sebetulnya tidak ada salahnya kalau pelatih mengistirahatkan Ronaldo dulu, tidak usah dipanggil. Biarkan dia fokus dulu di klub, nanti kalau permainannya naik baru dipanggil lagi,” tutupnya saat itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment