Timnas Indonesia

Skenario Garuda Muda Lolos ke Babak Semifinal : Asal Menang atas Myanmar



Skenario Garuda Muda Lolos ke Babak Semifinal : Asal Menang atas Myanmar
U-19 vs Vietnam

NOBARTV NEWS – Kemenangan telak 5 – 1 atas Timnas Filipina U-19 membuat Garuda muda memiliki peluang besar untuk lolos ke fase berikutnya (semi-final). Dengan tambahan tiga poin tersebut, Ronaldo Kwateh dkk menempel ketat Timnas Thailand dan Vietnam di posisi satu dan dua.

Timnas Indonesia U-19 saat ini mengoleksi 8 poin dari dua kali menang dan dua kali meraih hasil imbang. Hasil imbang tersebut didapat ketika melawan tim terkuat di grup A, Thailand dan Vietnam. Dalam kurun waktu 2 x 45 menit, Timnas U-19 tidak berhasil mencetak satu gol pun ke gawang kedua tim tersebut. Begitupun dengan sang lawan. Performa apik Cahya Supriadi sepanjang laga membuat kedua tim tersebut frustrasi.

Kabar baiknya, meski pertandingan terakhir grup A belum usai, namun skuad Garuda muda hampir dipastikan lolos dengan syarat menang atas Myanmar. Tidak terpengaruh dengan hasil akhir antara Thailand vs Vietnam, Hokky Caraka dkk dijamin lolos meski menang tipis atas Myanmar. Bagaimana bisa? Berikut skenarionya.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Tim-tim yang masih bersaing di grup A untuk lolos ke babak semifinal U-19 hanya tiga negara. Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Tiga tim lainnya dipastikan gugur meski menang di laga terakhirnya.

Saat ini, poin yang dimiliki oleh Timnas Thailand dan Vietnam sama. Keduanya sama-sama meraih 10 poin dari tiga kali menang dan satu kali imbang. Seperti yang sudah disebutkan tadi, Indonesia berada di posisi ketiga dengan raihan 8 poin.

Di laga terakhir nanti, Timnas Indonesia lebih beruntung karena melawan Timnas Myanmar. Sedangkan Thailand dan Vietnam harus saling tikam demi lolos ke fase berikutnya.

Jika Indonesia menang maka poin yang didapatkan skuad Garuda bertambah jadi 11. Pemenang antara Vietnam dan Thailand mendapatkan poin tambahan menjadi 13. Sampai sini, Timnas Indonesia berhak menemani siapapun pemenang antara Vietnam dan Thailand tadi. Karena poin yang kalah (Thailand vs Vietnam) tetap 10.

Lalu bagaimana jika Vietnam dan Thailand bermain imbang dan Indonesia menang atas Myanmar?

Poin ketiganya bakal sama. Indonesia menang (vs Myanmar) poinnya jadi 11, Vietnam vs Thailand imbang poin keduanya juga sama yakni 11.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Meski demikian, Timnas Indonesia berhak lolos ke babak semi-final menemani Vietnam. Mengapa Vietnam dan bukan Thailand?

Alasan utamanya adalah agresivitas gol. Timnas Indonesia sejauh ini (hingga matchday ke-4) sudah mencetak total 12 gol dan hanya kebobolan 1 gol saja. Sedangkan Vietnam telah menjaringkan bola sebanyak 11 kali dan hanya kebobolan 2 kali. Adapun Thailand, meski tidak pernah dibobol lawan, namun mereka hanya mencetak 6 gol sepanjang turnamen ini.

Dengan demikian, tim yang akan diuntungkan jika Vietnam dan Thailand bermain imbang adalah Timnas Vietnam. Thailand hanya bisa lolos jika mereka menang atas Vietnam – dengan catatan Indonesia menang atas Myanmar.

Intinya, kemenangan Indonesia (vs Myanmar) mewajibkan Thailand menang atas Vietnam. Jika Indonesia kalah, hasil imbang pun bukan urusan mereka (Vietnam dan Thailand) karena keduanya dijamin lolos jika Garuda muda takluk dari Myanmar.

Begitulah skenario kelolosan Garuda muda. Dalam hal ini, anak asuh Shin Tae-Yong tentu lebih diunggulkan karena mereka hanya butuh 1 – 0 saja untuk mengunci tiket menuju babak semifinal.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid